Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 1 Agustus 2022 - 16:47 WIB

Pemkab Siap Cairkan Dana Bantuan Penguburan hingga 1000 Ekor Ternak Mati Akibat PMK

VAKSINASI : Paramedik Veteriner saat memeriksa kondisi sapi salah seorang warga di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo beberapa waktu lalu.

VAKSINASI : Paramedik Veteriner saat memeriksa kondisi sapi salah seorang warga di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo beberapa waktu lalu.

Dutanusantarafm.com – Ratusan peternak yang terdampak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Ponorogo sedikit bisa bernafas lega. Pemkab setempat bersiap akan mencairkan dana bantuan penguburan senilai Rp 500 ribu untuk setiap satu ekor ternak mati. Total bantuan yang disediakan tersebut, diperuntukkan bagi 1000 ekor kematian ternak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Jamus Kunto mengatakan dana bantuan berasal dari APBD Ponorogo. Saat ini pihaknya sudah mulai melakukan verifikasi data terkait jumlah dan pemilik ternak. Rencananya, verifikasi data tersebut akan dimulai di Kecamatan Pudak pada Selasa (2/08/2022).

‘’Kami koordinasi dulu dengan petugas veteriner serta Kepala Desa yang berada di Kecamatan Pudak. Dari informasi yang saya terima, di kecamatan itu kan paling banyak ternak matinya. Ada kalau 200 ekor lebih,’’ terangnya Senin (1/08/2022).

Terkait persyaratan untuk memperoleh bantuan, kata Jamus pihaknya hanya memerlukan keterangan dari veteriner terkait yang menyatakan jika ternak tersebut mati akibat PMK. Selanjutnya, kepala desa atau wakil peternak yang ditunjuk akan mengakomodir jumlah peternak terdampak itu.

Jamus menambahkan, bantuan yang akan diberikan melalui proses transfer rekening tersebut akan diberikan secara bertahap kepada seluruh peternak terdampak. Tentu saja, sesuai prosedur yang berlaku.

Dari catatan Jamus, selain Pudak ada sejumlah kecamatan lain yang juga mengalami kondisi serupa. Seperti Babadan, Jenangan, Sukorejo dan lainnya.

‘’Bantuan ini murni dari APBD Ponorogo. Untuk yang pusat, saya belum mendapatkan informasi terkait pencairannya seperti apa,’’ tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 34 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024