Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 1 Agustus 2022 - 16:47 WIB

Pemkab Siap Cairkan Dana Bantuan Penguburan hingga 1000 Ekor Ternak Mati Akibat PMK

VAKSINASI : Paramedik Veteriner saat memeriksa kondisi sapi salah seorang warga di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo beberapa waktu lalu.

VAKSINASI : Paramedik Veteriner saat memeriksa kondisi sapi salah seorang warga di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo beberapa waktu lalu.

Dutanusantarafm.com – Ratusan peternak yang terdampak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Ponorogo sedikit bisa bernafas lega. Pemkab setempat bersiap akan mencairkan dana bantuan penguburan senilai Rp 500 ribu untuk setiap satu ekor ternak mati. Total bantuan yang disediakan tersebut, diperuntukkan bagi 1000 ekor kematian ternak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Jamus Kunto mengatakan dana bantuan berasal dari APBD Ponorogo. Saat ini pihaknya sudah mulai melakukan verifikasi data terkait jumlah dan pemilik ternak. Rencananya, verifikasi data tersebut akan dimulai di Kecamatan Pudak pada Selasa (2/08/2022).

‘’Kami koordinasi dulu dengan petugas veteriner serta Kepala Desa yang berada di Kecamatan Pudak. Dari informasi yang saya terima, di kecamatan itu kan paling banyak ternak matinya. Ada kalau 200 ekor lebih,’’ terangnya Senin (1/08/2022).

Terkait persyaratan untuk memperoleh bantuan, kata Jamus pihaknya hanya memerlukan keterangan dari veteriner terkait yang menyatakan jika ternak tersebut mati akibat PMK. Selanjutnya, kepala desa atau wakil peternak yang ditunjuk akan mengakomodir jumlah peternak terdampak itu.

Jamus menambahkan, bantuan yang akan diberikan melalui proses transfer rekening tersebut akan diberikan secara bertahap kepada seluruh peternak terdampak. Tentu saja, sesuai prosedur yang berlaku.

Dari catatan Jamus, selain Pudak ada sejumlah kecamatan lain yang juga mengalami kondisi serupa. Seperti Babadan, Jenangan, Sukorejo dan lainnya.

‘’Bantuan ini murni dari APBD Ponorogo. Untuk yang pusat, saya belum mendapatkan informasi terkait pencairannya seperti apa,’’ tegasnya. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo