Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 23 Agustus 2022 - 19:08 WIB

Pemkab Ponorogo Gelar Pilkades Serentak pada 22 November 2022 Mendatang  

Kepala Dinas PMD Kabupaten Ponorogo, Hadi Prayitno saat berada diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Ponorogo, Hadi Prayitno saat berada diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Dutanusantarafm.com – Sebanyak 23 desa di Kabupaten Ponorogo, akan menggelar pilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 22 November mendatang. Hal itu berkaitan dengan purna bakti kepala desa aktif, yang akan selesai pada 19 Desember 2022.

Sesuai regulasi, saat ini pemerintah setempat sudah menyelesaikan beberapa tahapan terkait kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Ponorogo, Hadi Prayitno mengungkapkan sesuai regulasi, saat ini pemerintah sudah menyelesaikan beberapa tahapan terkait kegiatan tersebut. Salah satunya, yakni telah menetapkan jumlah peserta pilkades, yang mencapai 23 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

“Paling banyak di Kecamatan Siman, ada empat desa yang melaksanakan pilkades serentak. Yakni ada Desa Ngabar, Sekaran, Manuk dan Ronosentanan,’’ katanya Selasa (23/08/2022).

Selain Siman, ada 12 kecamatan lain yang sejumlah desanya mengikuti pilkades serentak. Seperti Kecamatan Slahung, yakni Desa Tugurejo dan Wates, Kecamatan Ngrayun, ada Desa Baosan Kidul, Cepoko dan Gedangan.

Kemudian,  di Kecamatan Bungkal ada Desa Bediwetan, Kalisat dan Bungkal. Kecamatan Jetis ada Desa Karanggebang, dan Kecamatan Balong, ada Desa Ngumpul.

Selanjutnya, juga di Kecamatan Kauman ada Desa Tegalombo. Kecamatan Sampung ada Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sukorejo, ada Desa Morosari,  serta Kecamatan Babadan ada Desa Cekok.

Penyelenggara berikutnya Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Desa Kecamatan Ngebel dan terakhir ada tiga desa di Kecamatan Jambon. Yakni, Desa Krebet,  Menang dan Sidoharjo.

Hadi menuturkan, selain menetapkan 23 desa peserta pihaknya juga sudah menetapkan tahapan pilkades serentak 2022, hingga penetapan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur pelaksanaan pilakdes tersebut.

Tahapan pertama, kata Hadi dimulai awal September 2022. Yakni, setiap desa akan melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes). Kegiatan Musdes tersebut meliputi pembentukan pantia pemilihan desa, dan mengatur teknis lainnya.

Tahapan selanjutnya, adalah pendaftaran calon kepala desa, kemudian penelitian berkas bakal calon pada Oktober mendatang.

‘’Sedangkan penteapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dilaksanakan pada awal oktober. Dan untuk kampanye masuk awal November,’’ tuturnya.

Tahapan berikutnya, yakni hari tenang pada pertengahan November dan pada tanggal 22 November akan berlangsung pelaksanaan pemungutan suara. Sehingga, dalam jeda waktu sebelum 19 Desember siap dilaksanakan pelantikan kepala desa terpilih.

‘’Kami pemerintah kabupaten, sifatnya hanya menentukan regulasi dan pendanaan kegiatan. Selebihnya, akan dilaksanakan semuanya oleh desa dan diawasi pihak kecamatan,’’ tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 90 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai