Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 10 Mei 2022 - 15:12 WIB

Paravet Ponorogo Datangi Peternak Pantau Penyakit Mulut Dan Kuku Sapi

Sutik Tobroni , Petugas Paramedis Veteriner Bidang Peternakan Ponorogo sedang melakukan pengecekanan ksehatan mulud dan kuku  pada sapi milik peternak binaannya, Selasa (10/05/2022)

Sutik Tobroni , Petugas Paramedis Veteriner Bidang Peternakan Ponorogo sedang melakukan pengecekanan ksehatan mulud dan kuku pada sapi milik peternak binaannya, Selasa (10/05/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM: Sutik Tobroni , Petugas Paramedis Veteriner  Bidang Peternakan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo mendatangi beberapa peternak binaannya di beberapa desa di Kecamatan Babadan, Selasa ( 10/05/2022). Kunjungan dilakukan di Desa Lembah , Sukosari  dan Purwosari untuk memeriksa kesehatan kuku dan mulut hewan sapi setelah Propinsi Jawa Timur menetapkan status  Kejadian Luar Biasa (KLB) di 4 kabupaten.

 

Sutik Tobroni , Paravet Kecamatan Babadan saat memeriksa 2 sapi milik peternak Endang di Desa Lembah , Selasa ( 10/05/2022) menyampaikan kondisi sapi-sapi milik peternak  dalam keadaan sehat tidak ditemukan gejala penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Meski begitu warga diminta untuk mewaspadai penyakit PMK ini. Antisipasi bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, menjaga nutrisi, gizi makanan pada ternak dan rutin menyemprotkan disinfektan.

 

“Jika peternak mendapati sapinya mengalami demam tinggi 41 derajat, mulut berbusa, nafsu makan berkurang ada luka disekitar mulut dan kuku diharapkan segera menginformadikan kepada petugas, “  ungkap  Sutik Tobroni.

Lebih lanjut, di informasikan saat ini ada pembatasan mobilisasi  semua jenis produk hewan yang berasal dari daerah wabah seperti Mojokerto, Gresik, Sidoarjo dan Lamongan.  Untuk sementara didaerah tersebut dilakukan lockdown terhadap mobilitas sapi sampai menunggu informasi selanjutnya. (Wid)

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024