Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:24 WIB

PARA BABINSA BERDAYAKAN LAHAN KOSONG UNTUK KETAHANAN PANGAN ANTISIPASI PANDEMI BERKEPANJANGAN

Sertu Haryanto  Babnbsa Desa Lembah Kecamatan Babadan bersama masyarakat binaannya sedang mengolah lahan kosong untuk program ketahanan pangan

Sertu Haryanto Babnbsa Desa Lembah Kecamatan Babadan bersama masyarakat binaannya sedang mengolah lahan kosong untuk program ketahanan pangan

DUTANUSANTARAFM.COM : Banyak cara dan langkah dilakukan pemerintah melalui berbagai lembaga untuk menyiapkan ketahanan pangan mengantisipasi pandemic korona yang entah kapan akan berakhir. Dinas Pertanian Punya Program Ketahanan dapur, POLRI punya program Desa tangguh dan TNI pun punya Progam Ketahanan Pangan. Menindak lanjuti perintah komando atas , TNI kodim 0802 Ponorogo melalui para Babinsa- babinsa juga menyiapkan ketahanan pangan bergotong royong dengan masyarakat wilayah binaannya memafaatkan lahan lahan kosong . Lahan kosong ini ditanami sayur mayur , buah buahan, ubi dan jagung untuk ketahan pangan .
Babinsa Desa lembah kecamatan Babadan Ponorogo Sertu Haryanto dari Koramil Babadan pada Rabu (15/07/2020) melakukan kerja bakti mengolah lahan kosong untuk ditanami sayuran. Secara rutin dengan kelompok masyarakat setempat melakukan kerjabakti melakukan penyiraman dan penyiangan.

“Saya berharap langkah kecil ini di ikuti oleh warga lainnya dan nantinnya mampu membantu masyarakat saat ada warga yang membutuhkan bantuan pangan,”terang Sertu Haryanto.

Hal senada juga di ungkapkan Lastri (48th) anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Desa Lembah mengaku pihaknya juga memanfaatkan pekarangannya untuk ditanamai sayuran seperti cabe, sawi dan kucai. Sementara untuk tanaman buah ditaanam di planterbag. Kegiatannya menanam di pekarangan ini selain mampu mengurangi biaya belanja dapur juga mempu meningkatkan imunitas tubuh.


“Saya merasa cukup senang dan bahagia setiap pagi melihat pertumbuhan sayuran yang tumbuh cukup segara , sehat dan daunnya hijau lebar, Karena itu sekarang saya mencoba mengajak lingkungan untuk gerakan ketahanan dapur dengan memanfaatkan ban mobil bekas untuk ditanami sayuran, “ terang Lastri. (end)

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Rawan Pilkada 2024 di Jatim Dinamis, 6 Daerah Jadi Perhatian

Dinamika Aktual

Polda Jatim Baksos dan Bansos Hari Bhayangkara 2024 di Ngumpul Balong Ponorogo

Dinamika Aktual

Kandang Terbakar Habis, Belasan Ternak Nyaris Jadi Korban

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia