Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Pantau Rekahan Satu Unit EWS dipasang Di Desa Munggung Pulung

Dutanusantarafm-Untuk mendeteksi awal mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor di Desa Munggung Kecamatan Pulung maka BPBD Kabupaten Ponorogo memasang satu unit EWS ( Early Warning System ) di wilayah tersebut. Dengan pemasangan EWS ini maka setiap ada perkembangan rekahan tanah di wilayah tersebut akan bisa diketahui.

Seperti diketahui di desa Munggung Kecamatan Pulung muncul rekahan sepanjang sekitar 500 meter sejak sebulan terakhir. Akibat munculnya rekahan itu sekitar enam rumah warga yang ada disekitarnya nyaris terdampak.

Kabid logistik dan kedaruratan BPBD Ponorogo Setyo Budiono mengatakan setiap habis hujan rekahan cenderung melebar. Hal itu semakin menambah kekhawatiran warga akan terjadinya bencana longsor. “Karena itu BPBD Ponorogo mengajukan bantuan EWS ke BPBD Propinsi Jatim,, dan alat itu kemaren telah dipasang” ungkapnya.

Melaui aplikasi yang tersambung secara on line, EWS akan mengirim data yang bisa langsung diakses bpbd jawa timur dan bpbd Ponorogo. Salah satu alat yang ada di ews adalah Extensometer yaitu alat pendeteksi rekahan tanah yang dilengkapi sirine. “dengan alat itu maka seperti apa kondisi rekahan akan bisa terus dipantau. Apakah dalam kondisi membahayakan atau tidak bisa secepatnya diketahui.”pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close