Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 6 November 2020 - 07:39 WIB

Pandemi, Relawan Bencana Ponorogo Selalu On Call Bantu Pengungsi.

Dutanusantarafm- Kepala Dinas Sosial dan P3A Ponorogo Supriyadi mengatakan menghadapi terjadinya bencana dimusim hujan utamanya bencana hidrometeorologi, pihaknya telah melakukan segala persiapan. Persiapan yang dilakukan antara lain kelengkapan peralatan pembuatan dapur umum, perlengkapan di lapangan untuk evakuasi ,termasuk persiapan para relawan. Dinas Sosial dan P3A Ponorogo juga masih memiliki stok bahan makanan untuk pembuatan makanan di dapur umum bila ada warga yang harus mengungsi.

Supriyadi menambahkan meski bencana di Ponorogo saat ini belum berdampak terhadap warga secara langsung, pihaknya harus melakukan persiapan sejak awal. Apalagi yang harus dipahami saat ini warga Ponorogo harus mewaspadai bencana non alam pandemi covid 19. Hal itu penting dilakukan karena kapan bencana itu terjadi tidak bisa diprediksi. Bencana memerlukan penanganan dengan segera termasuk penanganan terhadap warga yang mengungsi. “ karena itu Dinsos harus segera hadir dilapangan jika ada yang memerlukan bantuan, dan harus sesuai protokol kesehatan” terangnya.

Warga harus mewaspadai kemungkinan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang karena la nina. Dinsos P3A telah melakukan koordinasi dengan para relawan jika sewaktu-waktu mereka diperlukan untuk turun kelapangan. Selain relawan dari tagana, dinsos juga selalu berkoordinasi dengan banser,relawan muhammadiyah, OrariI,Rapi, pramuka dan lainnya. Jumlah relawan yang bisa dilibatkan jika terjadi bencana mencapai lebih dari 300 an, dan mereka saat ini on call.
“ para relawan ini sudah terbiasa bekerjasama dengan Dinsos, sewaktu-waktu dibutuhkan mereka siap membantu” pungkasnya. (de)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB