Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 4 Maret 2021 - 16:35 WIB

Padi Jenis KIP 900  Hasilkan 16 Ton Per Hektar, Dokrak  Kesejahteraan Petani Ponorogo

DUTANUSANTARAFM.COM : Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memamerkan hasil uji coba timnya yaitu  padi jenis baru KIP 900 ke Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa,  Kamis (04/03/2021). KIP 900 ini belum masuk varietas sehingga  sementara dinamai Karya Insan Petani (KIP) 900 . Padi ini di klaim punya sejumlah keunggulan. Pertama,  jumlah per malai  sebanyak 900 bulir sehingga dalam 1 hektar bisa panen 16 ton. Kedua tahan terhadap wereng batang coklat  karena termasuk benih baru.
‘Ini benih baru dan varietasnya baru, untuk wereng perlu menunggu 10 tahunan untuk bisa menyerang,” terang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, saat di lokasi deamlod di Desa Semanding Kecamatan Kauman.
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memang sejak kecil sudah berteman dengan dunia pertanian karena tinggal di pedesaan sehngga berkomitmen memajukan sektor pertaniann. Timnya sudah membuat deamload penanaman padi KIP 900 ini di 5 titik lokasi sejak beberapa waktu lalu. Deamlod pertama di Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan sudah panen dan hasilnya cukup bagus .
” Akan terus kita kembangkan untuk mendongkrak lebih tinggi lagi produktivitas padi Ponorogo sehingga kesejahteraan petani meningkat. Untuk pengembangan lebih luas dibutuhkan sekitar 870 ton bibit, ”terang Sugiri.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa. Jawa Timur saat menjadi lumbung pangan nasional nomer satu se Indonesia untuk produksi padinnya. Produktivitas padi Jawa Timur 460.000 ton, kemudian baru disusul Jawa Tengah. Produktiivitas ini harus terus  di tingkatkan, makanya Dinas Pertanian didorong untuk tepat tanam.

“Saya berharap padi jenis KIP 900 ini menjadi salah satu terobosan Ponorogo untuk mendongkrak produktivitas padinya. Tentu saja, harus berbasis organik sehingga hasilnya semakin sehat,” kata Khofifah saat melihat langsung deamlod padi KIP 900 di Desa Semanding Kecamatan Kauman.(wid

 

Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Kandang Terbakar Habis, Belasan Ternak Nyaris Jadi Korban

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

DPRD Ponorogo Terbaik Dua JDIH Tingkat Provinsi Jatim

Dinamika Aktual

Tumbur Mobil Parkir di Siman, Pengendara Motor Roda Dua Meninggal Dunia