Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Overload Kunjungan Ke Telaga Ngebel Diberlakukan Buka Tutup

Dutanusantarafm-Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah raga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo akan mengawasi secara ketat tingkat kunjungan di wisata telaga Ngebel masa Liburan Natal dan Tahun baru 2021. Agar tidak terjadi over load maka akan dilakukan pengaturan alur pengunjung ke obyek wisata di lereng gunung wilis ini.

Kepala Disbudparpora Ponorogo Agus Sugiharto mengatakan petugas akan mengatur flow pengunjung jangan sampai terjadi over load. Pengaturan ini penting untuk menghindari penumpukan pengunjung yang melebihi kapasitas. Bila over load terjadi yang dikhawatirkan akan ada kerumunan yang mana hal tersebut berpotensi terjadi penyebaran covid 19. “kerumunan pengunjung harus dicegah karena itu flow pengunjung akan diatur untuk menghindari overload” terangnya,

Pengelolaan obyek wisata di Ponorogo sudah sejak lama diberlakukan era kebiasaan baru (new normal). Bagi pelaku jasa wisata, pelaku usaha di tempat wisata, penerapan 3 M menjadi perhatian tersendiri oleh Disbudparpora Ponorogo. Karena itu bila terjadi peningkatan jumlah pengunjung penerapan protokol kesehatan akan dilakukan pengawasan secara ketat.

Agus menambahkan bila jumlah pengunjung melebihi kapasitas atau over load maka akan dilakukan , rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup. Selain itu jumlah pengunjung akan dibatasi. Perhitungan untuk jumlah maksimal pengunjung di obyek wisata telaga Ngebel sesuai dengan daya tampung adalah 6 – 7 ribu orang. “Meski obyek wisata ngebel sangat luas karena saat ini masa pandemi covid 19 maka petugas akan melakukan monitoring keliling telaga secara rutin”jelasnya.

Pada bagian lain guna mendukung keamanan dan ketertiban serta pelaksanaan protokol kesehatan di wisata Ngebel, saat ini juga telah didirikan pos pengamanan operasi lilin semeru 2020. Pos pam ini melibatkan, Polres, Kodim 0802, Dinas Perhubungan, Bpbd, Satpol PP, termasuk Dinas Kesehatan. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close