Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Minggu, 2 Oktober 2022 - 15:52 WIB

Nyucuk, Income Petani Tembakau Meski Harus Repot Terapkan Teknologi Baru

Tembakau sistem mulsa  cukup aman  bagi tanaman dalam situasi kemarau basah

Tembakau sistem mulsa cukup aman bagi tanaman dalam situasi kemarau basah

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo –   Harga Tembakau hasil panen petani di Ponorogo  dimusim kemarau basah saat ini cukup menggiurkan untuk kwalitas  top great  kategori Super Premium  tembus  Rp. 40 ribu per kg. Sedangkan kategori  premium telah mencapai harga  Rp. 38 ribu per kg.  Kemudian disusul dengan great  SI Rp. 38 ribu,  S2  Rp. 36 ribu, S3  Rp. 30 ribu,  P1 Rp. 34 ribu, P2 Rp. 32 ribu, P3  RP. 30 ribu, terakhir great F3  dihargai  Rp. 23 ribu, F2  Rp. 25 ribu dan F1  Rp.  27 ribu .  Harga tembakau tersebut sangat nyucuk dengan upaya  repot petani dalam menerapkan transfer pengetahuan dan teknologi  baru yang diberikan oleh Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur dan juga PT. Sadana yang menjadi mitra kerja petani.  Hal tersebut disampaikan Ketua Assosiasi Petani Tembakau  Indonesia  (APTI)  Cabang Ponorogo , Tarekat, Minggu ( 02/10/2022)

Lebih lanjut  Tarekat ,  menjelaskan  2 tahun terakhir ini income  atau pendapatan petani tembakau  dari hasil panen di Kabupaten Ponorogo  lumayan nyucuk dengan biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi .  Meski strategi  menanam petani  berubah lebih modern.  Petani menerapkan transfer pengetahuan dan teknologi baru  namun  hal tersebut malah menciptakan effisiensi biaya produksi yang sangat signifikan.

“petani tembakau sekarang selain menerapkan budidaya sehat dan ramah lingkungan juga sudah menerapkan sisitim mulsa dan irigasi tetes.  Meski ada biaya lebih dengan membeli mulsa dan selang drib tapi masih nyucuk dengan  hasil panen dan harga saat ini. Selain itu juga ada effisiensi biaya yang cukup lumayan , “ungkap Tarekat  (wid)

 

Berita ini 89 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024