Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:45 WIB

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dutanusantara-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, memastikan tidak ada pasangan calon dari jalur perseorangan atau independen yang akan maju pada Pilkada Ponorogo 2024. Karena hingga batas akhir penyerahan syarat dukungan pasangan bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan, tidak satupun paslon yang menyerahkan syarat dukungan.

Diinformasikan sesuai ketentuan KPU RI penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dibuka mulai tanggal 8-12 Mei 2024. Namun hingga batas akhir Minggu (12/5) pukul 23.59 tidak satupun bakal calon yang menyerahkan syarat dukungannya di kantor KPU Ponorogo.

“ Dengan begitu maka pada Pilkada Ponorogo 2024 tidak akan diikuti paslon dari jalur perseorangan atau independen. Hal itu sama seperti pada pilkada tahun 2020 lalu” kata Anggota KPU Ponorogo Arwan Hamidi.

Arwan menjelaskan syarat dukungan minimal untuk maju pada pilkada Ponorogo adalah 7.5 persen dari jumlah DPT, atau tepatnya minimal dukungan sebanyak 56.902 dengan sebaran di 11 kecamatan. Dukungan tersebut dibuktikan dengan adanya surat dukungan dan foto kopi KTP.

KPU Ponorogo sebelumnya telah menyiapkan help desk guna membantu para paslon atau tim sukses dari jalur perseorangan yang ingin berkonsultasi. Namun begitu dari awal proses pendaftaran dan penyerahan berkas tidak satupun yang berkomunikasi dengan pantia. Baik secara langsung datang di kantor KPU maupun komunikasi melalui telepon.

Arwan juga menambahkan dengan tidak adanya calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan, Pilkada Ponorogo pada November 2024 dipastikan hanya diikuti oleh paslon yang diusung oleh partai politik (parpol).

“ Semoga Pilkada Ponorogo tetap berjalan dengan aman, lancar, tertib dan demokratis, meskipun tanpa calon dari jalur perseorangan. Masyarakat Ponorogo diharapkan ikut mensukseskan pemilihan kepala daerah tersebut” tukasnya. (de)

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar

Dinamika Aktual

Empat Anak di Balong Ponorogo, Jadi Korban Petasan Balon Udara