Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 17 Juni 2020 - 14:59 WIB

Nasib Grebeg Suro 2020 Sedang Diputuskan…Ditiadakan???


Dutanusantarafm.com- Menggelar event budaya yang bisa mendatangkan massa akan menimbulkan resiko penyebaran covid 19 disaat pandemi di Indonesia belum berakhir. Pemkab Ponorogo saat ini sedang mengkaji soal kemungkinan meniadakan event grebeg Suro 2020.

Kirab pusaka salah satu pertunjukan budaya yang mengundang ribuan penonton


Bupati Ipong Muchlissoni dikonfirmasi duta nusantara mengatakan pihaknya sedang memutuskan untuk meniadakan grebeg Suro tahun 2020 ini. “ Jika Grebeg Suro diselenggarakan tentu akan mendatangkan massa, orang akan datang ke Ponorogo” ungkapnya. Bukan hanya warga Ponorogo yang berada di perantauan yang pulang saat grebeg suro, tetapi warga dari daerah lain biasanya juga akan datang ke Ponorogo. Entah ingin menyaksikan festifal nasional reyog Ponorogo, kirap pusaka, larungan atau lainnya.


“Kita ingin Ponorogo zonanya hijau sampai covid 19 tidak ada” tambah Ipong. Karena itu Satgas pencegahan dan penangan covid mengkaji mendalam grebeg suro ini dengan beberapa opsi. Disisi lain banyak hal yang harus dipertimbangkan menyangkut protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid 19. Seperti harus menjaga jarak, menghindari kerumunan, sering cuci tangan, pakai masker dan lainnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata kebudayaan pemuda dan olah raga Ponorogo Agus Sugiharto mengatakan memang kecil kemungkinan grebeg suro bisa terselenggara. Semua event grebeg suro berpotensi besar mendatangkan massa, dan hal ini tentu bertentangan dengan protokol covid 19. Seperti diketahui event grebeg suro seperti festival reyog nasional diikuti Peserta nasional , tentu banyak hak yang harus dipikirkan. Misalnya soal bagaimana cara latihannya, bagaimana transportasi, menyiapkan juklak juknis, dan masih banyak opsi-opsi lain yang harus dibahas. Belum lagi menyangkut dana grebeg suro yang dipangkas untuk dialihkan ke pencegahan dan penanganan covid 19.

Disisi lain sampai saat ini juga belum ada petunjuk dari pusat terkait dengan agenda pariwisata nasional. “ semuanya masih tergantung dengan kondisi penyebaran dan penanganan korona di Indonesia” pungkasnya. (san)

Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024