Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 1 November 2022 - 14:31 WIB

Dewan Kritisi RAPBD 2023, Mulai dari Minimnya Faskes RSUD Harjono, hingga Berkurangnya Transfer Dana Pusat Sebesar Rp 150 Miliar

Dewan Kritisi Dutanusantarafm.com – Sembilan fraksi di DPRD Kabupaten Ponorogo kompak kritisi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pemkab Ponorogo. Pandangan umum tersebut disampaikan para anggota dewan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD setempat pada Senin (31/10/2022).

Satu persatu perwakilan menyampaikan pandangan umum dalam sidang yang dipimpin Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto. Fraksi Golkar, mengkritisi paparan RAPBD, yang berkaitan dengan belum maksimalnya layanan fasilitas kesehatan di RSUD Harjono. Seperti, masih kurangnya insfrastruktur alat Kesehatan, serta masih sulitnya fasiltas layanan online yang tidak bisa diakses.

‘’Tolong apa yang kami sampaikan ini ditanggapi dengan serius. Sehingga layanan RSUD Harjono tidak kalah dengan rumah sakit swasta di Ponorogo,’’ kata Ketua Fraksi Golkar, Mohammad Komarudin.

Selain itu, Fraksi Golkar juga menyoroti minimnya jumlah peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Negeri tahun ajaran 2022. Fraksi Golkar mendesak pemerintah, agar segera melakukan regrouping, untuk sejumlah SDN yang saat ini tidak memiliki siswa baru. Sehingga, bisa meminimalisir operasional Lembaga.

Kritik dan saran yang tidak kalah menarik disampaikan Relelianda Sholiha Wijayanti, juru bicara Fraksi PDI Perjuangan. Sebagai partai pengusung, PDI Perjuangan juga mengambil sikap tentang masih banyaknya RAPBD yang bias dan tidak focus. Sehingga perlu adanya pembenahan.

Selain itu, Fraksi PDI Perjuangan juga meminta agar Bupati memberikan jawaban atas berkurangnya transferan dana pusat sebesar Rp 150 miliar. Yang tentu saja, hal itu akan berdampak pada sejumlah program di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nantinya.

‘’Kami berharap agar RAPDB kali ini dirancang dan dilaksanakan dengan seksama, sehingga tidak memunculkan kembali dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA). Yang kemudian berdampak pada transferan dana pusat,’’ harapnya.

Menutup kegiatan rapat paripurna, Ketua DPRD Ponorogo Sunarto menyampaikan jika rapat paripurna dengan agenda mendengar jawaban eksekutif akan dilaksanakan pada Senin (7/11/2022) mendatang.

‘’Kami berterima kasih kepada seluruh fraksi yang secara tegas dan jelas, memberikan pandangan umum melalui ketua, wakil ketua atau juru bicara dalam rapat paripurna kali ini,’’ tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB