Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 6 Januari 2023 - 14:57 WIB

Muh.Yani Dukung DPRD Tolak Rencana Utang 100 M

Muh. Yani koordinator LSM 45 saat menemuai wakil Ketua DPRd Dwi Agus Prayitno menyampaikan penolakan rencana utang  100 M Pemkab Ponorogo, kamis ( 05/01/2023)

Muh. Yani koordinator LSM 45 saat menemuai wakil Ketua DPRd Dwi Agus Prayitno menyampaikan penolakan rencana utang 100 M Pemkab Ponorogo, kamis ( 05/01/2023)

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo – Koordinator LSM 45 Muh. Yani mendatangai DPRD Ponorogo dan bertemu dengan sejumlah Anggota DPRD termasuk wakil Ketua DPRD Ponorogo Agus Dwi Prayitno. Muh. Yani mendorong sekaligus mendukung keputusan para anggota DPRD Ponorogo yang menyatakan menolak rencana utang 100 Miliar pemkab Ponorogo pada tahun anggaran 2023 ini . Pasalnya , utang tersebut sangat membebani APBD Ponorogo 2023 dan mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemkab Ponorogo paska tidak terserapnya sejumlah anggaran DAK tahun 2022.

“Bagaimana kita percaya kinerjanya bagus wong anggaran DAK dari pemerintah pusat yang cuma -cuma , tanpa harus utang dan tanpa harus bayar bunga saja tidak mampu menyerap, Kok malah utang . Selaian itu , kita juga sudah punya beban hutang besar pada PT. SMI untuk dana PEN , Jangan-jangan utang hanya untuk sekedar mengumpulkan fee aja. Sehingga dewan harus menolak rencana utang lagi 100 miliar itu , “ungkap Muh. Yani, Kamis ( 05/01/2023)

Sementara itu Dwi Agus Prayitno usai menerima kedatangan Muh. Yani di ruangannya menyampaiakn pihaknya sebagai akil ketua DPRd maupun sebagai anggota Fraksi PKB telah menyampaikan penolakan, penolakan selain disampaikan melalui rapat paripurna pandangan umum fraksi juga disampaikan ke awak media dalam berbagai wawancara.

Ada 15 rekomendasi pertama DAK pengalaman kemarin tidak bisa diserap padahal itu anggran yang cuma -cuma yang diberikan pusat tidak pinjam dan tidak ada bunganya. Ketika pendapat pansus ,  kita merekomendasikan agar  pada tahun 2023 pekerjaan- pekerjaan dimulai lebih awal.  Akan memprihatinkan jika anggaan yang ada saja tidak mampu diserap tapi malah mau menambah  utang 100 miliar . Rencana pinjam pada  tahun 2023 berpotensi membebani APBD berikutnya .

“Dewan minta  pemerintah dalam ini Bupati Sugiri Sancoko lebih baik melakukan komunikasi dan advokasi dengan pemerintah provinsi dan  pusat agar mendapat tambahan transfer dana sehingga tidak perlu hutang. Membangun komunikasi dengan propinsi dan pusat untuk mendapatkan tambahan anggaran punya nilai lebih sebagai prestasi. tapi kalau nambah  utang  itu bukan prestasi, “terang Dwi Agus Prayitno, kemarin. (wid)

Berita ini 46 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen