Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:00 WIB

Modus Baru Peredaran Rokok Illegal Menggunakan Mobil Ambulan

Dutanusantarafm-Jutaan batang rokok illegal berhasil diamankan oleh petugas Kanwil Bea Cukai Jawa Timur dua mulai bulan Januari sampai Mei tahun 2023 ini. Petugas mendapati modus beragam yang dilakukan oleh para pengedar rokok illegal tersebut, salah satunya menggunakan mobil ambulan.

Hal itu disampaikan oleh Tjerja Karja Adil Kabid fasilitas kepabeanan dan cukai Kanwil Bea Cukai Jatim Dua saat sosialisasi pemberantasan rokok illegal di Ponorogo, kemaren. Modus beragam yang dilakukan oleh para pengedar selain menggunakan mobil ambulan, rokok illegal dibawa menggunakan mobil mewah seperti alphard dan bus pariwisata.

“Untuk mengelabui petugas modus yang mereka gunakan tidak melulu pakai mobil box lagi, melainkan ada yang menggunakan mobil ambulan, mobil alphard, bahkan ada yang menggunakan mobil pariwisata,” terangnya.

Tjerja menambahkan modus beragram seperti itu membuat petugas bea cukai harus lebih cermat dan jeli saat melakukan razia. Razia di lapangan dengan melakukan pemeriksaan, penyelidikan, juga didukung dengan apliasi secara online yang dimiliki bea cukai.

Ia menjelaskan melalui aplikasi Siroleg Nasional berbasis web bisa dihimpun informasi terkait peredaran barang kena cukai ilegal.

“ Masyarakat bisa melaporkan melalui aplikasi tersebut secara online, jika mengetahui ada peredaran rokok illegal” imbuhnya.

Pemberantasan rokok illegal membutuhkan kerjasama semua pihak, agar tingkat kerugian negara bisa diminimalisir. Namun harus diakui pemberantasan rokok illegal bukanlah hal yang mudah. Pada bagian lain Kanwil Bea Cukai Jatim Dua untuk penerimaan cukai tahun ini ditarget 58.7 triliun rupiah.

“Harapan kita target itu terpenuhi, dan kebocoran harus ditekan .” tukasnya. (de)

Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai