Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 6 September 2022 - 14:17 WIB

Menggiurkan , Harga Tembakau Ponorogo 30 Ribu Per Kg

Petani tembakau di Ponorogo mulai memasuki masa panen

Petani tembakau di Ponorogo mulai memasuki masa panen

DUTANUSANTARAFM.COM:  Petani tembakau di Kabupaten Ponorogo seperti di Kecamatan Balong, Bungkal dan Jambon sebagian besar memilih tetap bertahan  menanam komoditi ini meski sekarang masuk musim kemarau basah .  Mereka memilih bertahan karena harga komoditi tembakau ini cukup menggiurkan  dari harga terendah 21 ribu per kg  hingga 30 ribu per kg.  Tentu saja harga tersebut sesuai dengan kelas, jenis dan kwalitasnya.  Dengan biaya garap untuk lahan seluas 1400 meter persegi yang hanya membutuhkan anggaran sebesar 2,5 juta.  Petani  tetap  memilih menanam komoditi tembakau karena  lebih menguntungkan. Dimana, masa panennya selama 3 bulan bisa mencapai 9-10 kali  bahkan lebih jika kondisi cuaca bagus.  Setiap kali panen, petani bisa minimal bisa membawa uang sebesar Rp. 800 ribu bahakn lebih tergantung kwalitas tembakaunnya.

Warni , Petani Tembakau asal Desa Purworejo Kecamatan Balong , Selasa ( 06/09/2022)  kepada dutanusantarafm.com  mengungkapkan tetanggannya sebagian  besar beralih ke tanaman jagung dan kacang hijau di musim kemarau basah ini. Karena resiko menanam  tembakau jika hujan turun  sangat tinggi . Lebih mudah busuk dan mati jika terkena hujan lebat. Namun  Warni memilih tetap menananm tembakau karena hargannya lumayan tinggi . Selain itu tanah didesannya lebih cocok untuk tanaman tembakau dibandingkan komoditas lainnya .

“Selain karean hargannya cukup menggiurkan . Komoditi tembakau ini paling cocok untuk jenis tanah di desa sini dibandingkan dengan komoditas lainnya , Jadi ya tetap bertahan tanam tembakau meski resikonnya besar, “ungkap Warni.  (wid)

Berita ini 101 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024