Home / Kabar Kota Kita

Selasa, 11 Februari 2020 - 08:55 WIB

Lepas Eksport Kunyit, Bupati Ipong Target Penuhi Gratiek

pelepasan eksport gratiek ( Foto:  Fatma_dutanusantarafm.com)

pelepasan eksport gratiek ( Foto: Fatma_dutanusantarafm.com)

DUTANUSANTARA.COM: Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni bersama Direktur tanaman sayuran dan obat obatan Dirjen Tanaman pangan dan Holtikultura Kementrian Pertanian ir. Sukarman melepas 5 kontainer ekspor kunyit (biofarmaka) ke India pada Selasa 11 Februari 2020 di Desa Srandil kecamatan Badengan .

Eksport Biofarmaka jenis kunyit ini dilakukan cv. Berkah Jaya milik Gigih Pratomo (28th) yang merupakan eksportir muda asal desa Karang Waluh Kecamatan Sampung .

Sebenarnya Gigih sudah melakukan ekspor kunyit ini sejak tahun 2017 lalu. Namun dari permintaan pembeli di India sebesar 5000 ton pertahun baru di penuhi sekitar 1000 ton saja . Sehingga pangsa pasar kunyit masih cukup luas begitu pula potensi ekspornya masih terbuka lebar karena 4000 ton belum bisa di penuhi saat ini .

Export Biofarmaka yang dilakukan oleh CV. Berkah jaya merupakan salah satu membantu program Kementerian Pertanian , Yaitu gerakan Tiga kali eksport ( GRATiek). Gigih Pratomo mengatakan awalnya pada tahun 2017 lalu permintaan buyer di luar negeri baru bisa dipenuhinnya sekitar 400 ton saja, Namun dari tahun ketahun pihaknya bisa mencapai 1000 ton .

Kunyit yang diekspornya merupakan kunyit kwalitas bagus dengan spesifikasi tertentu. Pasokan kunyit didapatnya dari wilayah kabupaten Ponorogo, Pacitan, Trenggalek dan juga wonogiri. Sementara itu Bupati Ponoroog Ipong Muchlissoni mengapresiasi langkah eksportir muda asal Ponorogo ini. Karena eksportir muda Ponorogo Gigih Pratomo selain mampu membantu program Gratiek, Juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan juga mampu menginsprasi kaum muda lebih produktif . (fat)

Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB

Dinamika Aktual

Laka Tabrak dari belakang di Jenangan, Akibatkan Satu Korban Meninggal Dunia