Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 1 Maret 2023 - 13:23 WIB

Krisis Keteladanan , Mahasiswa Ponorogo Harus Peka Persoalan Rakyat

Johan Budi mantan Jubir KPK saat memberikan materi mahasiswa anti korupsi dalam acara Ngaji kebangsaan di STKIP Ponorogo, Selasa ( 28/02/2022)

Johan Budi mantan Jubir KPK saat memberikan materi mahasiswa anti korupsi dalam acara Ngaji kebangsaan di STKIP Ponorogo, Selasa ( 28/02/2022)

“Saat ini terjadi krisis keteladanan pemimpin dari level nasional sampai tingkat local . Sehingga mahasiswa harus hadir untuk rakyat. Mahasiswa harus lebih peka terhadap persoalan rakyat yang ada disekitarnya ,”kata Johan Budi Sapto Pribowo mantan Jubir KPK.

DUTANUSANTARAFM.COM :Hal tersebut disampaikanya saat menjadi pembicara dalam  acara  Ngaji Kebangsaan di Sekolah Tinggi Ilmu  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ponorogo, Selasa ( 28/02/2023). Menurut Johan Budi , kepekaan terhadap persolan rakyat disekitar adalah bentuk dari mahasiswa antikorupsi.  Selanjutnya membantu menyuarakan persoalan kerakyatan itu kepada bupati dan DPRD.  Karena untuk membagun diri menjadi seorang mahasiswa yang anti korupsi harus dimulai dari  sikap dan perilaku dalam hal-hal kecil .  Perilaku koruptif yang perlu dihindari oleh mahasiswa antara lain menyontek, bolos kuliah , copas, titip absen, beri hadiah dosen,  mark up UP LPJ dan palsukan data beasiswa.

Johan Budi saat menerima sertifikat sebagai narasumber Ngaji Kebansaan dari Ahmad Nur Ismail, Ketua STKIP Ponorogo

Johan Budi Sapto  Pribowo dihadapan 500 mahasiswa ,  civitas akademika dan  Ahmad Nur Ismail,  Ketua STKIP  Ponorogo menyampaikan berlaku korup atau tidak itu adalah pilihan . Persoalannya  kalau  mahasiswa sudah masuk  kedunia nyata akan menjadi pilihan yang sulit . Menjadi  orang yang benar dan tidak korupsi serta menjadi lawan korupsi akan menjadi jalan sunyi mereka ditengah masyarakat yang perilaku koruptifnya sudah membudaya.  Itulah yang disampaikan Johan Budi Anggota Komisi III  DPR RI dari Fraksi  PDI Perjuangan saat menjadi pembicara dalam acara “ Ngaji Kebangsaan” di Sekolah Tinggi Kependidikan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ponorogo, Selasa ( 28/02/2023). Selanjutnya membantu menyuarakan kepada bupati dan DPRD.

Dihadapan  500 mahasiwa  , seluruh civitas  akademika  dan Ketua STKIP  Ponorogo Ahmad Nur Ismail,  anggota Komisi III DPR Ri  Johan Budi   mengjelaskan bahwa  sebagai  mahasiswa  yang masih murni  harus  turun ke bawah  melihat secara langsung  situasi dan kondisi masyarakat demi melatih kepekaan sosial . Selain itu  mahasiswa juga harus  sering membaca buku- buku outobiografi untuk meneladani  kesederhanaan  para pemimpin seperti Bung Hatta.

“Bagaimana  seorang Bung Hatta  yang pada saat itu  wakil presiden untuk membeli sepatu idamannya harus menabung dahulu.   Orang kaya itu tidak salah  tapi yang  perlu direview saat ini dihubungkan  dengan puisi  Taufik  Ismail  adalah  kesederhanaan , kejujuran , keteladanan  sulit di cari hari ini. Sulit menemukan teladan pada pemimpin kita. “terangnya.

Daru Cahyono salah satu mahasiswa STKIP yang ikut dalam kegiatan Ngaji  Kebangsaan mengaku  senang dengan materi yang di berikan oleh Johan Budi.  Sebagai seorang mahasiswa dikatakannya harus  peka terhadap hal –hal kecil di sekitar kita . Namun kalau mau membuat ide harus ide –ide yang besar sekalian.  Menyoal terkait bahasan mahasiswa anti korupsi , Daru mengaku sebagai seorang bendahara kelas  harus mengendalikan diri  dari unsur keserakahan dan gaya hidup hedon.

“Keserakahan  dan gaya hidup hedon inilah yang memicu tidakan koruptif yang terjadi disemua lini bahkan  ditempat tempat mulia yang seharusnya melawan korupsi, “ungkap Daru usai mengikuti Ngaji Kebangsaan,. (wid)

Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024