Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Jumat, 16 Februari 2024 - 14:47 WIB

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dutanusantara-KPU Ponorogo telah mengajukan pemberian santunan untuk dua anggota KPPS yang meninggal dunia pada perhelatan pemilu 2024. Dua orang anggota KPPS yang meninggal tersebut adalah Dian Puji Lestari alamat Kelurahan Kertosari Babadan dan Danang Saputra asal Desa Ngendut Kecamatan Balong.

Ketua KPU Ponorogo Munajat mengatakan seluruh berkas administrasi untuk pengajuan santunan dua orang anggota KPPS itu telah dilengkapi.

“Berkas sudah lengkap dan telah kita kirimkan ke KPU RI melalui KPU Jawa Timur” terangnya.

KPU Ponorogo saat ini tinggal menunggu informasi lebih lanjut setelah surat pengajuan itu dikirimkan. Munajatpun berharap keluarga almarhum bisa mendapatkan santunan seperti yang diatur dalam ketentuan yang ada.

Diinformasikan dua anggota KPPS itu meninggal dunia sebelum pemungutan suara 14 Februari 2024. Dian Puji Lestari meninggal dunia keesokan harinya setelah mengikuti bimtek yang diselenggarakan malam hari. Ketika yang bersangkutan akan dibangunkan oleh suaminya, ternyata diketahui sudah meninggal dunia. Sedangkan Danang Saputra meninggal akibat kecelakaan ketika akan pulang ke rumah dari acara bimtek.

“Puji Lestari meninggal pada akhir bulan Januari 2024, atau belum lama setelah dilantik. Danang meninggal awal Februari 2024 ” imbuh Munajat.

KPU RI akan memberikan santunan bagi KPPS yang meninggal dunia saat sedang melakukan tugasnya. Santunan itu diatur dalam Peraturan KPU Nomor 08 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam aturan tersebut dipaparkan, bahwa petugas Pemilu 2024 yang kecelakaan hingga meninggal dunia akan dapat santunan. Bagi petugas KPPS yang meninggal dunia, KPU akan memberi santunan sebesar Rp36 juta kepada ahli waris. Selain itu, biaya pemakaman juga akan diberikan oleh KPU dengan uang santunan sebesar Rp10 juta. Sementara KPPS yang cacat permanen akan mendapatkan santunan Rp30 juta, mengalami luka berat akan mendapatkan santunan sebesar Rp16,5 juta dan luka sedang Rp8,25 juta. (de)

Berita ini 22 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg