Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:02 WIB

Konsisten Dampingi Komunitas LSL, Buka Wawasan Pelajar Terkait Bahaya HIV

ANTUSIAS : Puluhan pelajar di Kabupaten Jombang, saat mengikuti edutaimen tentang HIV/AIDS di SMK Nusantara pada Kamis (13/10/2022).

ANTUSIAS : Puluhan pelajar di Kabupaten Jombang, saat mengikuti edutaimen tentang HIV/AIDS di SMK Nusantara pada Kamis (13/10/2022).

Dutanusantarafm.com – Pentingnya memberikan edukasi tentang penyakit human immunodeficiency virus (HIV) terus dilakukan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) terhadap pelajar saat ini. Khususnya, bagi mereka yang berisiko tinggi seperti komunitas penyuka sejenis atau Laki Suka Laki (LSL).

Kali ini OMS Bambu Nusantara yang konsisten melakukan pendampingan komunitas itu, baru saja melaksanakan kegiatan tersebut di wilayah jangkauannya. Meliputi enam kota kabupaten di Jawa Timur bagian barat. Mulai dari Jombang, Nganjuk, Blitar, Kota Kabupaten Madiun, serta Magetan.

“Untuk Ponorogo sebenarnya sangat potensial, tetapi saat ini belum bisa kami jangkau karena keterbatasan komunikasi dengan pemangku wilayah,” terang Citra Dhevi, staf OMS kemarin (24/10/2022).

Menurut Dhevi, saat ini pihaknya baru melakukan pendampingan bagi komunitas LSL di Kabupaten Jombang yang diikuti sedikitnya 50 pelajar. Dari jumlah tersebut 70 persen diantaranya merupakan hasil tracing dari komunitas LSL.

Mereka mendapatkan edukasi tentang penyakit HIV. Mulai dari penyebab, gejala, cara penularan, bahaya, serta pencegahan maupun perawatan penyakit tersebut. Selain itu juga wawasan tentang siapa saja yang rentan atau berisiko tinggi tertular. Mengingat hingga saat ini penyakit yang disebabkan oleh virus itu belum ditemukan obatnya.

“Dalam kegiatan tersebut, kami menggandeng dinas kesehatan melalui puskesmas, serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten setempat,” katanya.

Sasaran pelajar, kata Dhevi karena kelompok tersebut termasuk berpotensi tinggi terpapar. Karena, saat ini banyak pelajar yang coba coba bahkan sudah melakukan hubungan intim dengan pasangan mereka. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo