Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:02 WIB

Konsisten Dampingi Komunitas LSL, Buka Wawasan Pelajar Terkait Bahaya HIV

ANTUSIAS : Puluhan pelajar di Kabupaten Jombang, saat mengikuti edutaimen tentang HIV/AIDS di SMK Nusantara pada Kamis (13/10/2022).

ANTUSIAS : Puluhan pelajar di Kabupaten Jombang, saat mengikuti edutaimen tentang HIV/AIDS di SMK Nusantara pada Kamis (13/10/2022).

Dutanusantarafm.com – Pentingnya memberikan edukasi tentang penyakit human immunodeficiency virus (HIV) terus dilakukan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) terhadap pelajar saat ini. Khususnya, bagi mereka yang berisiko tinggi seperti komunitas penyuka sejenis atau Laki Suka Laki (LSL).

Kali ini OMS Bambu Nusantara yang konsisten melakukan pendampingan komunitas itu, baru saja melaksanakan kegiatan tersebut di wilayah jangkauannya. Meliputi enam kota kabupaten di Jawa Timur bagian barat. Mulai dari Jombang, Nganjuk, Blitar, Kota Kabupaten Madiun, serta Magetan.

“Untuk Ponorogo sebenarnya sangat potensial, tetapi saat ini belum bisa kami jangkau karena keterbatasan komunikasi dengan pemangku wilayah,” terang Citra Dhevi, staf OMS kemarin (24/10/2022).

Menurut Dhevi, saat ini pihaknya baru melakukan pendampingan bagi komunitas LSL di Kabupaten Jombang yang diikuti sedikitnya 50 pelajar. Dari jumlah tersebut 70 persen diantaranya merupakan hasil tracing dari komunitas LSL.

Mereka mendapatkan edukasi tentang penyakit HIV. Mulai dari penyebab, gejala, cara penularan, bahaya, serta pencegahan maupun perawatan penyakit tersebut. Selain itu juga wawasan tentang siapa saja yang rentan atau berisiko tinggi tertular. Mengingat hingga saat ini penyakit yang disebabkan oleh virus itu belum ditemukan obatnya.

“Dalam kegiatan tersebut, kami menggandeng dinas kesehatan melalui puskesmas, serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten setempat,” katanya.

Sasaran pelajar, kata Dhevi karena kelompok tersebut termasuk berpotensi tinggi terpapar. Karena, saat ini banyak pelajar yang coba coba bahkan sudah melakukan hubungan intim dengan pasangan mereka. (Umi Duta)

Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg