Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 22 Januari 2024 - 19:00 WIB

Komsos, Kodim 0802 Ponorogo Siap Besinergi Antisipasi Dampak Perubahan Iklim Global

Dutanusantarafm- Antisipasi sejak dini dampak dari perubahan iklim global menjadi topik utama pada kegiatan Komunikasi Sosial bersama Aster Kasad Mayjen TNI Hadi Susilo di Jakarta, pada Senin (22/1). Komsos turut diikuti oleh Wabub Ponorogo Lisdyarita, Komandan Kodim 0802 Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, Kapolres Ponorogo AKBP Anton Prasetyo, serta pejabat forpimda secara online di ruang Lobby Kodim 0802/Ponorogo.

Komsos dengan tema “ TNI AD Bersama Rakyat Siap hadapi Dampak Perubahan Iklim Global “ adalah bagian sinergitas dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Melalui kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah, maka antisipasi adanya gangguan maupun bencana alam harus dilakukan bersama-sama” kata Kodim 0802 Letkol inf Hirta Juni Adriansyah.

Ia menyampaikan guna menghadapi perubahan iklim global seperti cuaca ekstrim yang berdampak terjadinya bencana hidrometeorologi perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi. Untuk itu TNI AD bersama aparat pemerintah harus bersinergi dan berkolaborasi dalam melindungi masyarakat dari dampak bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Banjir, tanah longsor, angin kencang, bisa saja terjadi akibat perubahan iklim ini” terangnya.

Letkol inf Hirta mengaku terkait sinergitas dan soliditas dengan semua elemen yang ada di wilayah Kodim 0802/Ponorogo dalam menghadapi dampak perubahan iklim global, sudah lama dijalin. Kegiatan seperti penghijauan, pembersihan sampah di sungai, tidak dilakukan sendiri.

“ Kegiatan penghijauan misalnya, Kodim Ponorogo melakukannya dengan Dinas LH, Perhutani, relawan pecinta lingkungan dan lainnya” imbuh Hirta.

Guna mengantisipasi lingkungan semakin rusak akibat dampak perubahan iklim dan perbuatan manusia itu sendiri, melalui babinsa rutin dilakukan sosialisasi dan edukasi sampai tingkat bawah. Babinsa juga diperintahakan untuk terjun langsung membantu masyarakat dalam setiap kegiatan .

“Seperti kerja bakti membersihkan saluran air, melakukan penanaman pohon, termasuk dalam penanganan dampak bencana alam.” tukasnya. (de)

Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg