Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Jumat, 29 Desember 2023 - 12:45 WIB

Komplotan Pelaku Ganjal Mesin ATM Lintas Kota, Diringkus Satreskrim Polres Ponorogo

Dutanusantarafm-Petugas satreskrim Polres Ponorogo berhasil meringkus komplotan pelaku ganjal mesin ATM yang sebelumnya beraksi disejumlah kota di Jawa Timur. Tiga pelaku diamankan di Kabupaten Bandung kemaren, setelah berhasil menguras uang milik korban dalam aksinya di Sambit Ponorogo.

“Para pelaku tersebut adalah Ni, Ek dan Ma. Semuanya adalah berdomisili di Bandung” Kata Kapolres Ponorogo Akbp. Anton Prasetyo, Jum’at (29/12).

Penangkapan terhadap pelaku berawal dari laporan korban Dewi, yang telah kehilangan uang di tabungannya sekitar 117 juta rupiah. Ceritanya pada saat itu Dewi akan mengambil uang di mesin ATM yang ada di Sambit Ponorogo.

Mesin ATM itu oleh komplotan tersebut sebelumnya telah dipasang lidi. Sehingga ketika Korban Dewi memasukkan kartu ke mesin ATM, kartu itu tertahan tidak bisa keluar.

Pada saat itulah salah satu pelaku masuk dan menawarkan untuk membantu mengeluarkan kartu ATM milik korban. Satu pelaku lain mendatangi korban dengan tujuan mengalihkan perhatian, dan meminta no pin dengan alasan untuk mengeluarkan kartu ATM.

Saat korban lengah, pelaku kemudian mengambil kartu ATM dari sakunya seolah-olah diambil dari mesin ATM dan diberikan kepada korban. Korbanpun tidak tahu jika itu bukan miliknya, karena memang mirip.

Kapolres menjelaskan korban baru sadar kartu ATMnya dibawa pelaku setelah mengetahui saldo tabungannya berkurang. Saldo awal sebesar 117 juta, tiba-tiba tinggal 12 juta rupiah.

“Korban esoknya ketika akan berangkat ke kantor polisi untuk melaporkan kasus tersebut, uang tabungannya lagi-lagi berkurang. Terakhir saldonya tinggal 347 ribu rupiah,” terang Kapolres Anton.

Petugas setelah menerima laporan korban, kemudian melakukan pemeriksaan dan penyelidikan. Untuk mengungkap modus itu, petugas juga mengumpulkan sejumlah barang bukti seperti rekaman video CCTV. Hingga akhirnya data awal, ciri-ciri dan keberadaan pelaku akhirnya dikantongi petugas.

Ditambahkannya komplotan pelaku itu adalah residivis, yang sebelumnya juga beraksi di Malang, Jember, dan Trenggalek. Polres Ponorogo kini berkoordinasi dengan polres lain guna pengembangan lebih lanjut.

” Kini pelaku telah ditahan untuk proses penyidikan. Terkait uang hasil kejahatan menurut pengakuan mereka telah dibagi-bagi dan sebagian dipakai untuk berfoya-foya.” tukasnya. (de)

Berita ini 63 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg