Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 16 September 2022 - 14:17 WIB

KOMNAS PA Akan Ke Polres Ponorogo dan Gontor Pekan Depan

Aris Merdeka Sirait  Ketua KOMNAS PA,  Selain Minta Maaf Ponpes Gontor Harus Bertanggung Jawab Penuh

Aris Merdeka Sirait Ketua KOMNAS PA, Selain Minta Maaf Ponpes Gontor Harus Bertanggung Jawab Penuh

DUTANUSANTARAFM.COM :  Arist Merdeka Sirait , Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak  (KOMNAS PA) kepada dutanusantarafm.com, Jumat (16/09/2022) nyatakan akan  meluncur ke Ponorogo pekan depan. Komnas PA akan berkoordinasi dengan Polres Ponorogo , Ponpes Darrusalam Gontor I  dan  Polda Jatim dalam  upaya pengungkapan kasus tewasnya santri Ponpes Gontor akibat penganiayaan seniornya. Kedatangan KOMNAS PA ke Ponorogo sebagai wujud  kehadiran mereka untuk anak -anak di Indonesia. Karena sebelum mencuat kasus kekerasan terhadap anak di Ponpes Darussalam Gontor, kasus kekerasan terhadap anak juga banyak terjadi di lembaga pendidiakan berlatar belakang agama  dan non agama. Misalnya, kekerasan fisik di Ponpes Gontor I Ponorogo , kekerasan seksual seperti  Ponpes di Jombang dan Ponpes  Di Depok yang tersangkanya  bahkan divonis hukuman mati.

“Kasus kekerasan terhadap anak  yang terjadi di lembaga pendidikan agama dan non agama menjadi fenomena menakutkan saat in, “ungkap Arist Medeka Sirait dalam  siaran live  dengan  radio dutanusantara  92,1 FM Ponorogo, Jumat ( 16/09/2022)

Arist Merdeka Sirait  menjelaskan kasus di Gontor ini  mencuat karena terbongkar berata, Sehingga betapa mengerikannya Lembaga Pendidikan baik yang di Kelola berlatarkan agama  non agama justru menakutkan . Banyak orang tua mengaharapkan dan mengatar anaknya sepeprti  ke Lembaga ppopesa akan diharapkan orangatahu semakin baik. Namun sebaliknya banyak disana pelaku kejahatan kejahatan tidak saja sesame santri bahkan dilakukan para ustadz. Apa yang terjadi di Gontor menjadi pelajaran  pada para orang tua untuk tidak percaya begitu saja pada lembaga pendidikan ponpes  maupun non yang kita harapkan steril dari kasus kekerasan baik fisik maupaun seksual pada anak .

Untuk itu,  Komnas Perlindungan Anak harus hadir di Indonesia. Pekan depan Komnas PA akan ke  Ponpes Gontor meminta klarifikasi dari Gontor dan berkoordinasi dengan Polres Ponorogo  yang menangani kasus ini, Dan juga berkoordinasi dengan  Polda Jawa Timur.

“Mencari solusi bukan saja menghukum tapi juga perlu ada pendekatan. Komnas PA bukan menangani tidak pidana  saja tapi juga kesediaan ponpes  untuk terbuka mensosilaisasi UU Perlindungan Anak. bukan saja pada para santri  tapi juga para ustadznya. Semangat konvensi hak anak harus adad i mereka,”tegas Arist Merdeka Sirait. (wid)

 

 

 

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus