Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita / Sekitar Kita

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 13:47 WIB

Ketua PC Muslimat NU Ponorogo : “Memasuki Usia Lanjut Ibu Muslimat Harus Pandai Jaga Kesehatannya”

Dutanusantarafm- Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Ponorogo menggelar Seminar Kesehatan Lansia Sehat Indonesia Kuat dengan Topik Hipertensi dan Penurunan Fungsi Ginjal Pada Usia Lanjut, pada Sabtu (15/10/2022). Seminar dalam rangka memperingati Hari Santri 2022 diikuti lebih dari 200 orang peserta dari pengurus cabang dan PAC Muslimat se kabupaten Ponorogo.

Ketua PC Muslimat NU Ponorogo Hj.Tufy Laily Tahrir mengatakan anggota muslimat adalah ibu-ibu yang mayoritas sudah memasuki usia lanjut. Hal penting yang harus dilakukan memasuki usia lanjut adalah menjaga Kesehatan.

“Karena memasuki usia lanjut biasanya akan muncul berbagai jenis penyakit, dan rentan sakit dengan mulai menurunnya imun tubuh” urai Tufy.

Iapun berharap dengan seminar ini akan menambah ilmu dan pengetahuan para ibu-ibu muslimat, serta untuk lebih menghayati bagaimana cara menjaga kesehatan, meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit dan tidak mudah sakit. Tentu yang diharapkan seminar ini bukan hanya bermanfaat bagi kalangan ibu-ibu, tetapi yang lebih penting adalah untuk menjaga Kesehatan seluruh anggota keluarga.

“Yang diharapkan bukan hanya tahu bagaiman cara mencegahnya tetapi juga tahu apa yang ahrus seera dilakukan Ketika menderita sakit” imbuhnya.

Adapun nara sumber pada seminar tersebut adalah dokter spesialis jantung dr. Ana Budiarti Sp JP, dokter sepsialis penyakit dalam dr. Anik Mulyaningsih, Sp.PD dan dokter spesialis mata dari RS.Muslimat Ponorogo. Anik pada seminar tersebut mengingatkan bahwa ada tiga penyakit yang sering menyerang orang pada usia lanjut, yaitu penyakit darah tinggi atau hipertensi, diabetes dan jantung.

Ia menyampaikan hal yang perlu dilakukan saat memasuki usia lanjut adalah untuk rutin mengontrol kesehatannya, misalnya cek tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Dengan begitu maka akan diketahui penyakit apa misalnya yang harus diwaspadai atau barangkali sudah mulai menyerang tubuh,

“Jika kita sudah tahu kondisi tubuh kita maka harus dijaga pola makan sebaiknya seperti apa , olahraga apa yang tepat untuk dilakukan. Selain itu barangkali sudah waktunya perlu rutin untuk meminum obat.” tukasnya. (de)

Berita ini 133 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen