Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 27 Oktober 2022 - 14:15 WIB

Kembangkan Daerah, UMPO Kolaborasi dengan Pemerintah Berangkatkan Ratusan Mahasiswa MBKM ke-150 Desa di Ponorogo

SIAP : Kegiatan pelepasan ratusan mahasiswa UMPO di Pendapa Kabupaten Ponorogo oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko pada Kamis (27/10/2022).

SIAP : Kegiatan pelepasan ratusan mahasiswa UMPO di Pendapa Kabupaten Ponorogo oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko pada Kamis (27/10/2022).

Dutanusantarafm.com – Upaya program digitalisasi desa untuk mendukung promosi wisata di wilayah Kabupaten Ponorogo terus dilakukan. Kali ini pemkab bersama Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) menerjunkan sedikitnya 230 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ke-150 desa terpilih.

Ketua Tim Matching Fund Kedireka yang juga Dekan Fisip UMPO, Ayub Dwi Anggoro Ph.D mengatakan kegiatan yang diikuti mahasiswa semester 5 dan 7 dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Ilmu Pemerintahan itu merupakan bagian dari pelaksaan program matching fund untuk indikator pemenuhan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi para pemuda hebat terpilih di desa terkait, dalam membuat konten promosi publikasi, yang nantinya konten itu akan diunggah kedalam aplikasi khusus. Yakni diberi nama MerC-Des, atau Media Reka Kreatif Desa, yang isinya berkaitan dengan berbagai informasi tentang potensi wilayah terkait. Selanjutnya, aplikasi itu bisa diakses melalui platform digital, sehingga masyarakat lokal maupun internasional bisa mendapatkan ragam berita menarik seputar desa di Ponorogo.

‘’Kami memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan sekaligus menerapkan ilmu yang mereka peroleh saat berada di lapangan atau diluar kampus. Sehingga, dengan keterlibatan mereka termasuk para dosen bisa berpartisipasi dalam pengembangan daerah,’’ katanya pada Kamis (27/10/2022).

Sementara itu, Rektor UMPO Dr Happy Susanto MA dalam sambutannya menuturkan dunia akademik harus menjadi bagian yang bisa memberikan solusi pada berbagai macam persoalan di Kabupaten Ponorogo. Melalui Program MBKM di 150 desa kali ini, dia berharap mahasiswa mampu mengembangkan potensi yang ada secara baik.

Hal itu bertujuan untuk memberikan data dan informasi yang akurat, sehingga pengembangan desa bisa berjalan dengan maksimal, apalagi hasil akhir MBKM yang akan dikerjakan oleh mahasiswa akan mengisi konten Platform digital MerC-Des yang nanti akan di akses oleh masyarakat luas baik nasional ataupun internasional.

‘’Dipilihnya 150 desa kali ini, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Ponorogo tentang Desa Penerima Aplikasi MerC-Des (Media Reka Creativ Desa),’’ paparnya.

Acara pelepasan yang diselenggarakan di Pendapa Kabupaten Ponorogo tersebut dihadiri Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko beserta jajaran. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo