Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Selasa, 7 November 2023 - 10:47 WIB

Kandang Ayam di Balong Terbakar, 14 Ribu Ekor Mati Terpanggang

Dutanusantarafm-Kandang Ayam milik Agus Imam yang dikelola Hidayatullah di dukuh Tanjungrejo Desa Karangpatihan Balong ludes terbakar pada Selasa, 7 November 2023 dini hari. Akibatnya 14 ribu ekor ayam yang ada di dalamnya ikut mati terpanggang, dengan kerugian ditaksir hingga 1,3 miliar rupiah.

Untuk memadamkan api tiga mobil damkar yang didukung dua mobil tangki air milik BPBD dikirimkan ke lokasi. Warga sendiri ketika kebakaran terjadi kesulitan mengambil air untuk memadamkan api, karena listrik kandang mati.

Kabid Damkar Satpol PP Ponorogo Bambang Supeno mengatakan api agak sulit dipadamkan karena banyak sekali barang yang mudah terbakar. Seperti rangka kandang berbahan kayu, ribuan ekor ayam, banyaknya sekam, panggung dari bambu, termasuk kain terpal penutup kandang.

Petugas membutuhkan waktu lebih dari tiga jam untuk memadamkan api hingga bisa dilakukan pembasahan. Kebakaran dua unit kandang ayam berbentuk panggung dengan ukuran 10 x 75 meter itu sendiri untungnya bisa dilokalisir, sehingga api tidak sampai merembet ke bangunan lain.

” Sekitar kandang ada sekolahan dan rumah warga, namun jaraknya agak jauh. Sehingga bangunan lain selamat, tidak sampai ikut terbakar,” terangnya.

Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan petugas kepolisian. Namun dari keterangan pekerja anak kandang yang ada di lokasi kejadian, kebakaran berawal adanya konsleting pada panel listrik.

Ceritanya malam itu ada dua pekerja, dimana satu pegawai sudah tertidur karena kecapekan, satunya lagi berjaga. Api tiba-tiba terlihat muncul di kandang, yang seketika itu juga langsung dilakukan pemadamkan api. Namun usahanya gagal, karena api dengan cepat membesar yang membuat petugas kwalahan. Kebakaran itu selanjutnya dilaporkan ke petugas damkar Ponorogo.

“Dugaanya dari konsleting panel listrik. Panas dari instalasi kabel menyebabkan kain penutup terbakar lalu merembet ke bangunan” tukasnya. (de)

Berita ini 149 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg