Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 1 September 2023 - 13:30 WIB

Johan Budi Kirim Bantuan Tandon Air dan Sembako ke Wates

Johan Budi SP, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan  memberikan bantuan tandon air dan sembako kepada warag terdampak kekeringan di Desa Wates Kecamatan Slahung.

Johan Budi SP, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan memberikan bantuan tandon air dan sembako kepada warag terdampak kekeringan di Desa Wates Kecamatan Slahung.

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo- Johan Budi SP Anggota DPR RI  Komisi III  memberikan bantuan tandon air dan sembako kepada warga terdampak bencana kekeringan di Desa Wates Kecamatan Slahung, Sabtu ( 16/09/2023).   Bantuan tandon air tersebut  diserahkan secara langsung ke warga Dususn Joso dan Dusun Bedog  sambil melihat secara langsung kondsi masyarakat.   Johan Budi  SP yang dulunya juru bicara Presiden Joko Widodo  mengaku sepanjang perjalanan yang dilihatnya adalah kekeringan. Lahan kering tanpa tanaman apapun  Warga  hanya makan dari  cadangan pangan mereka  yang telah disiapkan sebelumnya yaitu gaplek.  Warga mengaku kepada Johan Budi kalau hasil panen  yaitu ketela pohon tidak dijual sengaja untuk persediaan pangan di musim kemarau ini .

“Kita melihat kondisi masyarakat yang sudah beradaptasi dengan alam. Namun  begitu  tetap harus di perhatikan . Tadi masyarakat menyampaikan kebutuhan yang mendasar adalah sumur bor da juga listrik.  Dan bersama warga  sepakat untuk jalan bersama untuk mewujudkannya , “terang Johan Budi. (wid)

Panikem, salah satu warga yang menerima bantuan sembako dan bertemu dengan mantan Juru bicara KPK Johan Budi Sapto Pribowo  menjelaskan bahwa dirinya bersama warga lainnya  berterima kasih telah mendapatkan bantuan sembako dan tandon air. tandon air akan digunakan untuk menampung air hasil dropping dari BPBD.

” Kita juga menyampaikan untuk dibantu mendapatkan  program  sumur bor dan juga listrik. Dengan dua hal tersebut harapannya  Warga Wates bisa keluar dari bencana kekeringan yang setiap tahun dialaminya. Karena dropping air bersih tidak menyelesaikan masalah yang setiap tahun terjadi  , “terangnya .

Di informasikan, bencana kekeringan akibat kemarau panjang dampak dari fenomena alam El nino menyebabkan  dua Dusun di Desa Wates Kecamatan Slahung yaitu Dusun Joso dan Dusun Bedog kekurangan air bersih, Kebutuhan air bersih  mereka dapatkan dari hasil dropping pemerintah dan juga beli ke pedagang air.  Kebutuhan air bersih hanya digunakan  untuk  memasak , mandi dan mencuci.  Ada sesuatu yang dianggap tak lazim dilakukan oleh warga desa namun di lakukan karena kekurangan air bersih ini. Warga desa kalau mencuci pakaian biasannya dilakukan sendiri  dirumah untuk penghematan biaya atau uang . Namun dalam kondisi kekeringan mereka malah memilih mencucikan bajunya ke loundry dari pada mencuci sendiri.

Suyadi  Kepala Desa Wates  Kecamatan Slahung  membenarkan perilaku baru warganya tersebut . Terkesan “kemlelet” orang desa kok laundry  namun hal itu dilakukan karena biaya mencuci dilaundry  lebih murah dari pada mencuci sendiri . Biaya yang di keluarkan untuk mencuci ke laundry sebesar Rp. 20 rib per kg . Sedangkan  kalau mencuci sendiri biaya beli airnya 1 tank  sebesar Rp 150 ribu.

“ Didaerah kekeringan , hal yang paling mahal adalah biaya beli air bersih. Maka saya tadi menyampaikan kepada pak Johan Budi Sapto Pribowo  saat bersilaturahmi dan memberikan bantuan tandon air serta sembako untuk membangtu mengkomunikasikan bantuan listrik , sumur dalam dan konservasi  lahan  untuk memulihkan sumber air, “terang Suyadi. (wid)

 

Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg