Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 25 Maret 2020 - 08:11 WIB

Jembatan Darurat Putus Diterjang Banjir, 350 kk Warga Broto Slahung Terdampak

Kondisi jembatan darurat yang putus ditinjau para pejabat terkait, Rabu 25 Maret 2020

Bencana Banjir yang melanda Desa Broto Kecamatan Slahung Ponorogo, memutuskan jembatan darurat sepanjang 10an meter yang melintang di atas sungai setempat, pada Selasa 24 Maret 2020 malam. Akibat putusnya jembatan yang dibangun setahun lalu itu, 350 an kk atau lebih dari seribu jiwa warga Dusun Broto dan Dusun Tenun terancam terisolir.

Jembatan darurat dengan lebar sekitar satu meter itu tidak mampu menahan derasnya aliran air setelah rumpun bambu dan sampah menyangkut penyangga jembatan yang terbuat dari besi tersebut. Akibatnya jembatan putus,pondasinya ikut tergeser. Untungnya jembatan darurat itu tersangkut di jembatan beton yang putus disebelahnya dan tidak hanyut terbawa derasnya aliran sungai.

Kades Broto Rika mengatakan pejabat BPBD telah meninjau bencana tersebut pada Rabu pagi. Petugas Dinas PU akan mensurvei dan mempelajari lebih lanjut apakah jembatan itu masih bisa dikembalikan lagi atau tidak. ,” Menunggu elevasi alirannya mengecil, untuk pengkajian lebih lanjut, ” ungkap Rika. Belum bisa ditaksir berapa kerugian akibat bencana tersebut.

Akibat putusnya jembatan itu akan menyulitkan para siswa saat sekolah, warga masyarakat yang ingin bekerja, bepergian, termasuk saat panen. Untuk keluar dari Dusun Broto dan Tenun harus memutar sejauh 4 kilo meter melewati Desa Kambeng. ,” untungnya saat ini sedang libur dan belum panen, sehingga warga tidak terlalu repot, ” kata Rika.

Warga berharap jembatan permanen untuk menggantikan jembatan beton yang patah pada tahun 2019, segera bisa dibangun kembali. Karena jembatan darurat yang putus pada Selasa malam hanya bisa dilewati pejalan kaki dan maksimal pengendara sepeda motor. (san)

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024