Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Rabu, 21 Oktober 2020 - 20:27 WIB

Jelang Puncak Hari Santri Pusaka Tegal Sari Diarak Masuk Kota Ponorogo

Dutanusantarafm.com-Kirab pataka GP Ansor dan pusaka Tegalsari, akhirnya pada Rabu (21/10/2020), diserahterimakan dari PAC Ansor Babadan, ke PAC Ansor Ponorogo. Kirab tersebut sudah dimulai dari Kecamatan termuda di Ponorogo, Pudak pada 9 hari lalu.


Mendekati puncak hari Santri 22 Oktober dengan tema Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi KH. Hasyim Asyari, setelah dikirab di 20 kecamatan di Ponorogo, akhirnya memasuki kecamatan terakhir ke 21 yaitu kecamatan Ponorogo pada Rabu pagi. Pataka berwana hijau beserta 3 buah pusaka Leluhur Tegalsari, diserahkan kepada Ketua MWC NU Kecamatan Ponorogo,di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten, Ponorogo,. Lalu estafet berikutnya diserahkan kepada PAC Ansor Ponorogo, untuk dikirab hingga finish di Pondok Pesantren Nurul Quran di Pakunden, Ponorogo pada puncak Hari Santri 22 Oktober.


Ketua MWC NU Kecamatan Ponorogo, Mudzakir mengatakan momen hari santri ini diharapkan, para santri NU tetap mengaji pada kiai dengan meningkatkan ubudiyahnya bukannya mengaji politik. Santri yang kuat dan sehat adalah sehat menurut definisi kiai. Yaitu kalau rohani sehat maka badannya juga sehat.
“Sekarang banyak ngaku NU, mengaku santri, tapi tidak takdim kepada kiai. Tolabul ilmi kiai di Ponpes, di hari santri saat ini para santri kembali ruhnya sehingga kuat jasmani rohanu. Mengaji ke kiai, tapi bukan ngaji politik,” kata Mudzakir


Sementara itu Syamsul Maarif Ketua GP Ansor Ponorogo mengatakan selain mengirab pusaka, para santri dan banser NU ini juga sowan ke beberapa pondok pesantren dan ziarah makam para tokoh NU dan Banser di Ponorogo.

“Pusaka dan pataka serta bendera merah putih pada kamis pagi dikirab ke Pondok Pesantren Nurul Quran di Pakunden, Ponorogo” terangnya.


Pimpinan pondok selaku Ketua Tanfidz PCNU KH Solehan akan menerimanya , lalu diserahkan kepada Ketua GP Ansor Kabupaten Ponorogo. (de)

Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB