Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Jelang Nataru Semua Kecamatan Ponorogo Bersaing Genjot Vaksinasi

DUTANUSANTARAFM.COM :  Jelang Natal dan Tahun Baru  Dinas Kesehatan kabupaten Ponorogo terus menggenjot vaksinasi Covid-19 dengan menggerakkan kekuatan puskesmas di 21 kecamatan di Ponorogo. Harapannya, sebelum 25 Desember 2021 atau pada peringatan Hari Natal capaian vaksinasi sudah sampai pada level herd imunity . Sehingga tingkat kesehatan masyarakat lebih terjaga dari paparan covid-19 dan mengantisipasi varian Omicron yang lebih berbahaya.

“Meski pada nataru ini pemerintah tidak memberikan libur untuk membatasi tingkat mobilitas namun pasti ada yang tetap bepergian. Harapannya jika sebelum nataru herd imunity tercapai masyakat lebih  aman, ” kata dr. Hermansyah .

Kasi Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten  Ponorogo dr. Hermansyah kepada Dutanusantarafm.com juga menyampaikan meski herd imunity sudah tercapai , pihaknya berharap masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan. Jangan mengabaikan karena merasa sudah aman dan kebal dengan melakukan  2 kali vaksinasi. Protokol kesehatan tetap harus tetap dilakukan untuk menjaga jagan sampai tertular varian omicon meski sudah 2 kali vaksinasi.

” Pemerintah pusat bekerja keras untuk mencegah masuknya varian omicron dan sampai saat ini berhasil. Mudah mudahan tidak masuk dan tidak sampai ke Ponorogo, ” kata dr. Hermansyah.

Dijelaskannya, untuk mencegah varian baru omicron masuk pemerintah memberlakukan karantina yang ketat bagi yang masuk ke Indonesia dari  luar negeri. Tapi disisi lain , ketaatan masyarakat pada protokol kesehatan tetap harus di jaga. Jangan sampai  lengah dan merasa kebal karena sudah vaksinasi 2 kali.

Di ketahui, capaian Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Ponorogo  mencapai angka  60,41 % dosis  pertama dan  42,76%  pada dosis ke 2 per Senin ( 13/12/2021) . Untuk mencapai herd imunity titik, Dinkes  mengejar pemenuhan target minimum vaksinasi pada lansia sebesar 40 % dosis pertama . Sementara vaksinasi yang telah dilakukan pada lansia di Ponorogo  pada Senin ( 13/12/2021)  baru mencapai angka  38,5% pada dosis pertama dan  17, 67  pada dosis ke 2 .  Target  kekurangan  1,8%  vaksinasi lansia akan dipenuhi dalam 13 hari kie depan. (Wid)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close