Home / Kabar Kota Kita / Sekitar Kita

Rabu, 20 April 2022 - 15:53 WIB

Jelang Lebaran, Nasabah Ramai- Ramai Tebus Perhiasan

DutanusantaraFM. Budaya show off saat lebaran, ternyata masih melekat pada masyarakat Ponorogo. Itu terbukti dengan tingginya jumlah penebusan perhiasan emas di Pegadaian jelang hari raya Idhul Fitri 1443 H tahun ini.

Pemimpin Pegadaian Cabang Ponorogo Wahyu Mujiono, mencatat sedikitnya ada 50 hingga 70 item barang ditebus atau dilunasi setiap harinya. Jumlah tersebut naik 10 sampain15 persen dari hari biasa.

Fenomena itu hampir pasti terjadi di setiap momen lebaran. “Ini belum puncaknya, jumlah barang yang dilunasi akan lebih banyak lagi saat lebaran kurang satu minggu,” katanya saat ditemui pada Kamis (20/04 2022).

Menurutnya, jumlah kenaikan pelunasan itu sudah terjadi sejak minggu kedua puasa. perhiasan emas itu digadaikan satu hingga dua bulan. Selain emas, banyak juga nasabah yang menebus barang gadai lainnya. Seperti handphone, laptop maupun barang barang elektronik lainnya.
” Tapi perhiasan emas tetap jadi primadona,” tuturnya.

Tidak hanya perseorangan, pelunasan juga dilakukan para pengusaha atau pemilik toko emas. Jelang lebaran biasanya, barang jaminan itu dilunasi untuk kebutuhan display show case atau toko.

Wahyu menambahkan berkaca pada statistik tahun tahun sebelumnya, barang barang tersebut akan kembali digadaikan saat lebaran usai. Biasanya pada H+7 lebaran.
“Trendnya memang begitu. Mau lebaran banyak nasabah melunasi barang jaminan. Nah, lebaran selesai barang digadaikan lagi. Itu sudah biasa,” paparnya.

Terkait jasa sewa, tergantung pada jumlah pinjaman. Untuk pinjaman Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu, jasa sewa sebesar 0,75 % untuk kurun waktu 15 hari atau 1,5 % setiap bulan.

Sedangkan untuk pinjaman Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta jasa sewa mencapai 1,2 % per 15 hari atau 2, 4 % perbulan.

Dan terakhir untuk pinjaman diatas Rp 20 juta, jasa sewa hanya 1 % per 15 hari atau 2 % selama satu bulan. “Nilai taksir barang dari jumlah pinjaman itu juga berbeda. Tergantung nilai pinjaman,” ujarnya.

Selain penebusan, ternyata ada juga nasabah yang melakukan pinjaman. Biasanya karena butuh dana. Namun jumlahnya tidak terlalu tinggi. Hanya 10 sampai 15 nasabah perhari.
“Biasanya butuh untuk gaji pegawai atau THR,” tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 78 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024