Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 1 Agustus 2022 - 13:44 WIB

Jawab Keluhan Warga, Camat Ngebel Klaim Air Bersih Masih Aman

Camat Ngebel, Dwi Cahyanto

Camat Ngebel, Dwi Cahyanto

Dutanusantarafm.com – Keluhan sejumlah warga Dukuh Pucuk, Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo terkait langkanya air bersih ditampik Camat setempat. Hingga saat ini, warga desa tersebut masih bisa mengonsumsi air bersih meski dalam jumlah terbatas.

Camat Ngebel, Dwi Cahyanto mengungkapkan saat ini dia mengklaim jika sekitar 300 Kepala Keluarga (KK) warga Dukuh Pucuk masih bisa mengonsumsi air bersih dengan aman. Hanya saja, diakuinya masuk musim kemarau saat ini debet air dari hulu atau sumber yang ada berkurang alias kecil. Sehingga, warga butuh waktu saat menandon air tersebut.

‘’Untuk ketesedian air bersih Dukuh Pucuk, Wagir Lor sampai saat ini masih tepenuhi. Hanya saja debetnya dari hulu atau sumber air kecil,’’ terangnya saat dikonfirmasi kemarin (1/08/2022).

Dwi juga menampik adanya kondisi kelangkaan atau krisis air di wilayahnya tersebut. Karena, meski terbatas penggunaan air masyarakat masih bisa menikmati air bersih.

Hanya saja, mungkin jika sebelumnya mereka bisa mengonsumsi air dengan bebas kini harus lebih berhemat. Pun, dia meminta agar warganya itu lebih bersabar dan mau melakukan penghematan air.

‘’Sebelumnya debit air dari sumber atau hulu tinggi, sehingga tekanan disetiap pipa yang mengalir ke warga tersebut deras. Setelah debit berkurang, aliran air berubah menjadi sedikit,’’ ungkapnya.

Agar ketersediaan sumber air aman, imbuh Dwi saat ini pihak desa bersama Himpunan Masyarakat Pemakai Air Minum (HIPAM) setempat sedang berusaha untuk menciptakan sumber baru. Temasuk melakukan sejumlah perbaikan pada bagian pipa, agar aliran air lebih lancar.

‘’Kedepan pemerintah desa akan melakukan penambahan jalur akses ketersediaan air bersih bagi warganya itu. Titiknya ada di Margo Ploso, Desa Talun,’’ imbuhnya.

Dwi menambahkan, secara umum kondisi air bersih di Kecamatan Ngebel masih aman. Berbeda dengan kecamatan lain, seperti Selahung, Bungkal dan Badegan sisi selatan yang menjadi langanan kelangkaan air bersih saat kemarin.

“Karena mata air di Ngebel sangat bagus. Seperti yang dari Desa Pupus Toyo Marto dan Margo Ploso di Talun. Bisa menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat Ngebel secara keseluruhan,’’ tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 176 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai