Dinamika AktualKabar Kota Kita

Jagong Budaya, Bawaslu Ponorogo Inginkan Pilkada Berkwalitas Dan Berintegritas

DUTANUSANTRAFM.COM :Bawaslu Ponorogo  menggelar acara  Jagong Budaya  dimalan Asyuro pada Rabu malam (19/08/2020). Dengan tema  sosialisasi pengawasan partisipatif  pemilihan bupati dan wakil  bupati Ponorogo tahun 2020. Acara  dialog yang dikemas santai ditengah pandemic korona  dengan  menerapkan protokol kesehatan menghadirkan sejumlah narasumber dari Jakakrta dan juga surabya. Diantaranya  Muchamad Afifudin Devisi Pengawasan  dan Sosialisasi Bawaslu RI, Muchamad Amin ketua Bawaslu Jatim  dan  Komisioner Komite Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Nuning Rodiah.

Mochamad Afifudin  menjelaskan  dengan sosilisasi  diharapkan ada  peran aktif  masyarakat dan media dalam memberikan informasi  partisipati. Sosialisasi tidak harus dengan  membuat forum baru namun bisa dilakukan dengan membuat  inovasi  berkolaborasi dengan kebudayaan lokal.  Ia mencontoh dalam menyampaikan soal money politik tidak boleh , curang dalam pilkada tidak boleh bisa dilakukan dengan sosialisasi pada kegiatan masyarakat yang sudah ada misalnya dalam perayaan 1 Suroan ini yang merupakan tempat ngumpul masyarakat.

“Dengan adanya peran partisiptif masyarakat ini, bawaslu  Ponorogo mampu membawa penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Ponorogo menjadi lebih baik , berwalitas dan berintegritas, “jelas Muchamad Afifudin ,  Ketua Devisi Pengawasan  dan Sosialisasi Bawaslu RI , Rabu ( 19/08/2020).

Mochamad Afifudin  mengungkapkan  Bawaslu punya kewenangan  yang sangat luas, mulai dari kewenangan pencegahan, kewenangan pengawasan tahapan dan  kewenangan penindakan . Sifat dari ke 3 kewenangan itu beda beda. Untuk sosialisasi merupakan usaha untuk melaksanakan kewenangan pencegahan. Samudra pengawasan dalam kontek pengawasan butuh inovasi, kolaborasi dan kerjasama. Kerjasama ini dilakukan dengan seniman, penggiat sosial , tokoh agama dan lainya.( end)  

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close