Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 17 Oktober 2023 - 14:48 WIB

Jaga Ekosistem Perairan, PJT Tebar 30 Ribu Bibit Ikan di Telaga Ngebel

PJT Madiun, BBWS Solo, Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo, PT,PLN Indonesia  melakukan penebaran 30 ribu bibit ikan di Telaga Ngebel, Selasa (17/10/2023)

PJT Madiun, BBWS Solo, Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo, PT,PLN Indonesia melakukan penebaran 30 ribu bibit ikan di Telaga Ngebel, Selasa (17/10/2023)

DUTANUSANTARAFM,COM : Menjaga Ekosistem demi keberlangsungan dan kelestarian alam adalah tugas bersama.  Dengan menjaga  keberagaman spesies ikan didalamnya akan memberikan dampak yang luas .  Mengingat,  perairan seperti sungai dan danau menjadi sumber penghidupan masyarakat. Konservasi untuk menjaga ekosistem perairan  dan  ekosistem  darat  yaitu menjaga hutan lindung terus dilakukan oleh  Perum  Jasa Tirta  (PJT) Madiun.  Setiap tahun Perusahaan Umum Jasa Tirta (PJT) Madiun yang mengelola kawasan perairan Telaga Ngebel menebar ribuan bibit ikan di Telaga Ngebel demi menjaga jumlah ikan dan menjaga spesias ikan local yang hidup di kawasan itu .  Dampak dari konservasi  selain ekosistem terjaga juga untuk kepentingan  wisata memancing  warga setempat bahkan luar kota . Sedangkan konservasi  hutan lindung dilakukan  dengan menanam 10 ribu pohon setiap tahunnya  untuk menjaga mata air  ,  penyediaan  oksigen dan  mencegah bencana alam.

Firman Syaifudin Kepala PJT Madiun menjelaskan ditahun 2023 ini pihaknya telah melakukan tebar benih ikan tawes dan nila di Kawasan Wisata Telaga Ngebel sebanyak 2 kali. Penebaran pertama dilakukan dengan menebar 20 ribu bibit ikan. Kemudian pada penebaran kedua pada selasa ( 17/10/2023) memasukkan 30 ribu bibit ikan . Hal itu dilakukan untuk menjaga kelesatrian alam dan ekosisitem air sehingga ikan Telaga Ngebel jumlahnya tetap terjaga meskipun dipanen atau dipancing warga.

“Kita bekerjasama  dengan banyak pihak dalam  melakukan konservasi   ini .  Yaitu,  dengan  pemerintah kecamatan Ngebel , Dinas Lingkungan hidup  , Dinas Pertanian Ketahanan  Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo ,  Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS)  Solo dan PT. PLN Indonesia, “terangnya . (wid)

Berita ini 100 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai