Home / Dinamika Aktual

Senin, 20 Maret 2023 - 07:28 WIB

Ina Ammania : Label Halal bisa Membangkitkan UMKM yang Tidur

Ponorogo-Anggota Komisi VIII DPR RI Ina Ammania mengatakan pemerintah hadir untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tidak terkecuali usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hadirnya pemerintah tersebut salah satunya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI.

Ina menyampaikan apabila UMKM sudah mendapatkan label, minat pembeli akan meningkat, produk UMKM juga semakin dilirik.

Kesadaran.pemilik UKMN terkait label halal diharapkan akan semakin meningkat, karena dengan mengantongi sertifikat halal banyak manfaat yang didapat. Produk UMKM seperti makanan, jajanan, minuman dan lainnya sangat dianjurkan mempunyai label halal, bahkan nantinya diwajibkan.

“UMKM yang saat ini sedang tidur bisa bangkit, pihak Bank lebih mudah dalam memberikan pinjaman kredit lunak,” terang Ina disela kunjungan di Ponorogo (18/3*2023)

Ia juga mengatakan Komisi delapan DPR RI mendorong Kemenag Ponorogo untuk ikut membangkitkan perekonomian lokal melalui program sertifikasi halal tersebut

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sertifikat halal maka peran pendamping dalam upaya meningkatkan kesadaran pemilik UMKM cukup penting. Hal lain yang harus dipahami pelayanan pengurusan sertifikasi sekarang ini gratis, berbeda dengan masa sebelumnya.

Selain itu ia mendorong agar sosialisasi dan promosi perlu terus ditingkatkan, melalui bazar atau program lain oleh pemerintah daerah. Program turun bawah, door to door akan lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan soal sertifikasi produk halal.

” Sosialisasi jangan sampai berhenti,karena masih ada yang belum memahami bagaimana prosedur mengurus sertifikat halal.” tukasnya. (de)

Berita ini 54 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024