Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:03 WIB

Komitmen UKWMS Kampus Kota Madiun dalam Implementasi Internasionalisasi Kampus

GO INTERNASIONAL: Sejumlah mahasisea saat pembekalan implementasi internasionalisasi kampus.

GO INTERNASIONAL: Sejumlah mahasisea saat pembekalan implementasi internasionalisasi kampus.

Komitmen menjadi kampus unggulan dan berakreditasi A, UKWMS Kampus Kota Madiun meningkatkan program dan kegiatan dalam lingkup kerja sama internasional.
Kegiatan itu meliputi SHARE PMT, EIA, serta IJA yang telah dilaksanakan pada Juli sampai September 2022.

Wakil Ketua Biro Kehumasan, Rinanda Wardani mengatakan untuk SHARE PMT dilaksanakan pada 29 Agustus 2022 lalu. Kegiatan berupa Seminar Internasionalisasi Kampus, bertajuk Internationalization at Home. Yakni dengan Narasumber Prof Dr. Mohd Arifin bin Abu Hassan yang merupakan Associate Director Global Education and Experience UTM International, University Technologi Malaysia. Acara kemudian dilanjutkan dengan peer group discussion mengenai penerapan internasionalisasi dalam setiap unit kerja.
Program itu terselenggara atas Hibah dari Eropa (European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region).

Rinanda Wardani atau yang akrab disapa Nanda itu juga menyampaikan kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah acara bertajuk Engineer in Action (EIA), dan International Joint Activity (IJA).
Kedua kegiatan tersebut dimotori oleh Fakultas Teknik UKWMS dengan menghadirkan dosen dan mahasiswa dari Taiwan dan Jepang ke Indonesia. Khususnya dalam kegiatan di Surabaya maupun di Kota dan Kabupaten Madiun.
“Untuk tuan rumah penyelenggara program di Kampus Madiun adalah Program Studi Rekayasa Industri,” terangnya pada Senin (24/10/2022).

Dalam penyelenggaraan kegiatan EIA ini, UKWMS bekerja sama dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)Taiwan, pemerintah Kota Madiun, dan Pemerintah Kabupaten Madiun. Setelah dosen dan mahasiswa peserta EIA berkegiatan di Kota Surabaya, selanjutnya peserta diajak berkegiatan di Madiun. Pada 15-16 Agustus 2022, peserta melakukan pemasangan alat pemantauan kualitas udara di Kota Madiun dan alat Deteksi Gempa.
Kemudian dilanjutkan dengan aktivitas di Kecamatan Kare khususnya desa Morang pada 17-21 Agustus 2022 guna mengimplementasikan alat pengolahan porang pasca panen.
Tidak terpaut begitu lama dari kegiatan EIA, kemudian dilaksanakan kegiatan International Joint Activity (IJA) pada tanggal 1-8 September 2022. Kegiatan ini bekerja sama dengan Osaka Institute of Technologi (OIT) dan Shibaura Institute of Technology (SIT) yang keduanya dari Jepang. Selain peserta dari dosen dan mahasiswa, menariknya kegiatan ini juga diikuti oleh siswa dari SMKF Bina Farma Madiun serta SMK Galaliel 2 Madiun, juga peserta dari STIKES Bhakti Husada Mulya Madiun. Kegiatan berupa diskusi bersama, pengenalan budaya Indonesia, serta kunjungan ke UMKM.
Kedua kegiatan ini, EIA mapun IJA kata Nanda selain ditujukan untuk sharing teknologi, namun juga berkaitan dengan sharing budaya serta meningkatkan kemampuan komunikasi peserta dalam hubungan internasional.

Komunikasi bisa saja menjadi penghalang karena keterbatasan masing-masing pihak, namun dengan perjumpaan keterbatasan tersebut justru menjadi faktor pendorong untuk dapat melakukan kegiatan bersama dalam suasana yang bahagia dan menyenangkan. (Umi Duta)

Aktivitas yang dilakukan serta keseruannya dapat dilihat di: www.widyamandala.ac.id., http://unika.widyamandala.ac.id/2022/09/12/share-pmt-2022-dissemination/, https://unika.widyamandala.ac.id/2022/09/13/engineers-in-action-eia-2022-1/

“Our Earth, Our Home: Confronting Environmental Problems” International Joint Activity 2022 Fall Edition

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB

Dinamika Aktual

Laka Tabrak dari belakang di Jenangan, Akibatkan Satu Korban Meninggal Dunia