Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Minggu, 14 Agustus 2022 - 14:09 WIB

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Karet Ratusan Tahun Tumbang di Bibir Telaga Ngebel  

SIGAP : Petugas BPBD Ponorogo bersama relawan dan TNI saat mengevakuasi pohon tumbang di jalur utama Telaga Ngebel, Sabtu (13/08/2032)

SIGAP : Petugas BPBD Ponorogo bersama relawan dan TNI saat mengevakuasi pohon tumbang di jalur utama Telaga Ngebel, Sabtu (13/08/2032)

Dutanusantarafm.com- Hujan deras disertai angin yang mengguyur Kecamatan Ngebel pada Sabtu (13/08) pukul 15.00 WIB menyebabkan pohon karet usia ratusan tahun tumbang. Titik ambruknya pohon, tepat berada di bibir Telaga Ngebel titik 700 meter dari pintu masuk arah Dolopo.

Camat Ngebel, Dwi Cahyanto membenarkan adanya peristiwa tersebut. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, evakuasi pohon yang melintang di bibir telaga itu sempat memakan waktu lama. Puluhan personel juga diterjunkan untuk membersihkan pohon berdiameter lebih dari dua meter tersebut.

‘’Saat menerima laporan warga, kami langsung berkoordinasi dengan stake holder. Karena walaupun berada diwilayah kami, status pohon tersebut milik Perhutani. Kami juga menghubungi BPBD untuk bantuan evakuasi, serta Dinas Pariwisata dan juga Satpol PP,’’ ungkap Dwi kemarin (14/08/2022).

Dwi menuturkan, peristiwa itu terjadi setelah turun hujan deras disertai angin kencang selama 15 menit. Saat hujan terjadi, posisi pohon sudah dalam keadaan condong melintang di tengah jalan dengan batang sudah berada di area telaga.

Kemiringan pohon diperkirakan mencapai 45 derajat lebih dengan posisi akar sudah tercabut akibat tidak mampu menahan beban dahan.

‘’Alhamdulillah saat rubuh tidak ada pengguna jalan yang melintas. Termasuk titik pohon juga sedikit jauh dari lokasi warung,’’ tuturnya.

Bersama relawan setempat, petugas dari BPBD maupun tenaga bantuan lain hampir dua jam kemudian akhirnya berhasil menyingkirkan pohon tersebut. Sehingga, jalan lingkar telaga sudah bisa dilalui dengan aman.

‘’Kami juga menghimbau agar masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah Kecamatan Ngebel agar lebih berhati-hati,’’ tegasnya. (Umi Duta)

 

Berita ini 20 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus