Home / Kabar Kota Kita / Sekitar Kita

Kamis, 3 Agustus 2023 - 14:48 WIB

Hebat, Siswi SDN 5 Krebet Jambon Ponorogo, Juara Satu Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Jawa Timur

Dutanusantarafm-Ponorogo mempunyai banyak anak hebat. Salah satunya adalah Rofiah Al faijah siswi kelas lima SDN 5 Krebet Kecamatan Jambon Ponorogo. Ia ikut mengharumkan Kabupaten Ponorogo setelah berhasil meraih Juara 1 Lomba bertutur tingkat SD/MI Provinsi Jatim Tahun 2023.

Rofiah adalah wakil Kabupaten Ponorogo dimana sebelumnya meraih juara satu lomba serupa yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo pada tanggal 15 Juni 2023. Pada lomba bertutur bagi Siswa Siswi SD/MI Tingkat Tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarkan di Grand City Mall Surabaya pada Rabu (3/8/2023), anak pasangan Birno dan Eka Dewi Fitri ini berhasil mengalahkan 22 peserta dari 22 Kabupaten/Kota lain di Provinsi Jawa Timur.

“Ini prestasi yang luar biasa. Bisa menjadi bukti bahwa anak seorang petani yang tinggal di desa, tidak kalah dengan yang lain.” Ucap Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo Joni Widarto.

Jonipun ikut bangga dengan prestasi yang diraih oleh Rofiah ini. Pihaknya sengaja menyiapkan cerita dengan tema yang berbeda dari sebelumnya, kali ini dari menggali dan mengenalkan kekayaan konten lokal lainnya.

“ Cerita yang disampaikan kemaren adalah legenda asal Desa Nambangrejo Sukorejo dengan judul “Tong-tong Srot” karya Safri Chandra Waskita. Naskah cerita ini adalah hasil lomba penulisan konten lokal Ponorogo yang juga diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo Tahun 2023.” Terang Joni.

Joni menyampaikan dengan prestasi menjadi juara satu dalam lomba bertutur tingkat provinsi itu membuktikan bahwa anak-anak Ponorogo mempunyai potensi yang luar biasa pada bidang ini. Kegiatan ini adalah bentuk motivasi terhadap anak untuk gemar membaca dan mencintai / melestarikan kebudayaan daerah lewat bercerita yang dikemas dan dipentaskan sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa saling menghormati, cinta persatuan dan kesatuan serta menjaga Kebhinekaan sebagai Bangsa Indonesia.

Ia menambahkan tahun sebelumnya Ponorogo juga menorehkan prestasi di Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Jawa Timur dengan menyabet Juara 2. Dan seperti yang diharapkan tahun ini dapat meningkatkan prestasinya menjadi Juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Pemenang juara 1 dalam lomba bertutur bagi siswa/siswi SD/MI Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 berhak mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan, Trophy dan Piagam penghargaan.

“Mohon do’a masyarakat Ponorogo, semoga adik kita ini menang dalam lomba bertutur tingkat nasional,” tukasnya. (de)

Berita ini 474 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai