Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 26 Maret 2020 - 05:31 WIB

Gunung Banyon Longsor, Ratusan Warga Desa Talun Ngebel Mengungsi

Longsor gunung Banyon membuat warga setempat khawatir, akhirnya memilih mengungsi

DUTANUSANTARAFM. COM-Sebanyak 42 kk atau 127 jiwa dari dua RT yang tinggal di Dukuh Krajan Desa Talun Kecamatan Ngebel mengungsi, menyusul longsor di Gunung Banyon pada Rabu 25 Maret 2020 malam. Tanda-tanda longsor sudah dirasakan warga sejak dua hari terakhir, dengan adanya pergerakan tanah di atas pemukiman mereka.

Camat Ngebel Yusuf Darnadi mengatakan longsor mulai terjadi sekitar pukul 21.00 wib, berupa material lumpur. Wargapun merasa khawatir dan akhirnya memilih mengungsi untuk menyelamtkan jiwanya . Mereka mengungsi di rumah-rumah saudara mereka yang ada di sekitar Desa Talun. ,”Dengan membawa perbekalan seadanya, warga mulai meninggalkan rumah pada Rabu malam, ” ungkap Yusuf. Proses evakuasi warga dengan dibantu perangkat Desa, BPBD, kepolisian, Tni AD, serta pihak terkait lain.

Lokasi yang longsor hanya berjarak sekitar 800 meter diatas pemukiman warga . Selama ini area tersebut oleh warga disebut sebagai area resapan. Warga khawatir longsor susulan masih bisa terjadi, karena hujan yang kemungkinan masih akan turun di wilayah Ngebel.

Yusuf menjelaskan warga yang mengungsi telah mendapatkan bantuan dari BPBD ponorogo berupa sembako dan kebutuhan lainnya. Selain itu juga telah didirikan posko untuk penanganan terhadap para korban longsor tersebut., ” selain diberikan bantuan, warga juga telah menjalani pemeriksaaan kesehatan oleh petugas dari Puskesmas,” jelas Yusuf kembali. Para pengungsi tersebut harus dipastikan dalam kondisi sehat, jika ada yang sakit maka harus mendapatkan penanganan secepatnya.

Berita ini 114 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024