Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Senin, 4 Januari 2021 - 14:05 WIB

Gerakan Penghijauan Prajegan Di Tengah Pandemi Mampu Satukan Lintas Masyarakat

Dua pohon beringin  donasi dua tokoh masyarakat mampu satukan lintas masyarakat Desa Prajegan

Dua pohon beringin donasi dua tokoh masyarakat mampu satukan lintas masyarakat Desa Prajegan

Dutanusantarafm.com : Karang Taruna Suryo Pandowo, Pemerintah Desa Prajegan kecamatan Sukorejo dan Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Ponorogo  melakukan gerakan penghijauan, Senin ( 04/12/2021)   dalam rangka mewujudkan Prajegan Sumringah bertempat di lapangan Prajegan Sumringah. Gerakan yang  dicanangkan  sejak 28  November 2019 bertepatan dengan  Peringatan  Hari Indonesia menanam Pohon ini menggelora dimasyarakat . Ada ratusan Pohon  yang telah ditanam di taman Desa Prajegan Sumringah  diantaranya  Randu Putih , Pule, Beringin, Glodok Pecut, Tabebuya, Ketapang Kencana, Sawo Kecik dan juga Flamboyan.  Sementara itu  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo   menyumbang  150 bibit  pohon terdiri  dari Tabebuya, Ketapang Kecana, Flamboyan , Godok Pecut dan Sawo Kecik    

Kepala Desa Prajegan Timbul  mengungkapkan  banyak dari pohon pohon yang ditanam ini  merupakan donasi warga Desa Prajegan. Bahkan ada 2 Pohon  Beringin yang sudah berumur sekitar 17 tahun  merupakan sumbangan  tokoh masyarakat  yaitu  kaum  abangan dan ulama.  

“ Donasi  pohon beringan dari dua tokoh  desa ini luar biasa . Karena mampu menyatukan semua perbedaan . Bahkan masyarakat  Desa Prajegan dari ujung timur hingga ujung barat seperti nyengkuyung program penghijauan ini , “ terang Timbul.

Timbul menamai  dua pohon beringin yang di tanam  berdampingan  dengan sebutan “Beringin Dapuk” . Ini diharapkan menjadi pengingat kebersamaan , persatuan dan kesatuan  dalam kondisi  apapun bahkan dalam pandemi covid-19  pun semua saling gotong royong  dan saling mensuport.

Hal senada juga disampaikan  Adris Arista Ketua Karang Taruna Suryo Pandowo. Semangat  Warga dan Karang Taruna  memang luar biasa sekarang ini untuk penghijauan . Namun , semua itu diawali dengan perjuangan  dan tidak mudah awalnya  Sebenarnya banyak pemuda yang pinter namun tidak banyak yang punya jiwa sosial,  banyak yang punya jiwa sosial namun  akhirnya bekerja diluar kota .   

 “Tapi setelah setahun berjalan kesadaran masyarakat semakin meningkat  bahkan mereka rela mendonasikan pohon pohon kesayangan mereka yang sudah berumur tahunan. Selain menanam ratusan pohon di taman Prajegan Sumringah , kita juga menanam ribuan pohon ditepi jalan jalan desa hasil donansi warga. Harapannya selain untuk menjaga keseimbangan alam, menjaga sumber air , paru paru desa dan  desa ramah  anak tak kalah  penting kita memiliki taman  rekreasi  sendiri, “terang Adris Arista kepada Dutanusantarafm.com. (wid)

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar