Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 22 Desember 2022 - 15:00 WIB

Endus 5 Kejanggalan, Peserta Seleksi Rekruitmen Perangkat Desa Jimbe Gugat Panitia

Peserta tes rekruitmen perangkat Desa Jimbe menyerahkan surat gugatan pada panitia  karena mencurigai ada  kecurangan pada tahapan tes dengan bebeeberapa kejanggalan  yang dirasakan dan dilami, Kamis (22/12/2022)

Peserta tes rekruitmen perangkat Desa Jimbe menyerahkan surat gugatan pada panitia karena mencurigai ada kecurangan pada tahapan tes dengan bebeeberapa kejanggalan yang dirasakan dan dilami, Kamis (22/12/2022)

DUTANSUANTARAFM.COM :  Sejumlah warga peserta rekruitmen pengisian  perangkat desa di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan  melayangkan surat gugatan kepada panitia pada Kamis ( 22/12/2022 di Kantor Balai Desa  Jimbe.. Surat gugatan yang di antar langsung  para peserta tersebut di terima oleh Kateni ketua panitia rekruitmen desa setempat . Gugatan dilayangkan karena pada Kamis (22/12/2022) masih  masuk jadwal tahapan gugatan jika ada ketidakpuasan dari peserta tes . Dan para peserta tes ini  mengendus adanya gelagat  kecurangan  saat proses tes dengan beberapa indikator  kejanggalan yang mereka rasakan .

“ Hari ini adalah hari terakhir dari tahapan gugutan jika  pesera tidak  puas dengan tahapan sebelumnya . Sehingga kita mengirimkan surat gugatan  ke panitia desa serta kecamatan  atas dugaan kecurangan yang kita cium , “terang Moh Adi Tamami  bersama Amru Faturidlo, kamis ( 22/13/2022) di Balai Desa Jimbe, Kecamatan Jenangan .

5 poin kejanggalan selama tes sebagai Indikasi kecurangan yang dialami peserta tes rekruitmen perangkat Desa Jimbe

Moh. Adi Tamani menjelaskan  ada 5 alasan dan dugaan indicator kecurangan  yang dicium oleh para peserta . Pertama,  perangkat computer saat awal ujian /tes sudah  mengalami kendala teknis. Ke 2,  peserta mengalami kesulitan memasukkan akun G- Mail pribadi pada komputer. Ke3, tim independent memberikan /memyediakan akun geogle alternatif beserta password alternatif saat gagal masuk ke laman ujian. Ke 4, tim independen menunjukkan lebih dari satu akun untuk masuk ( namun peserta tidak bisa memilih sendiri) . Hal ini menimbulkan kecurigaan naskah bisa dilihat pihak lain yang bukan peserta ujian. Dan ke 5, pada saat peserta mengerjakan soal tertera keterangan di layar komputer  draft  jawaban tidak tersimpan dan keterangan ikon jaringan internet tidak tersambung .

“Hal ini hal itu sangat merugikan peserta ujian mengingat setiap poin jawaban adalah penting bagi peserta.  Untuk itu kami menuntut kepada panitia untuk membatalkan hasil ujian tanggal 19 Desember 2022 dan menggelar ujian ulang, “tegas Amro Faturidlo.

Diinformasikan , ujian perangkat desa  pada 19 Desember 2022 yang meminjam computer di SMAN  I Jenangan  melibatkan di Kecamatan Jenangan  melibatkan 3 Desa . Yaitu , Desa Jimbe, Desa Sraten dan Desa Nglayang. Sedangkan pihak ketiga yang di gandeng sebagai pembuat naskah ujian adalah Institut Agam Islam  Sunan Giri  (INSURI ) Ponorogo.

Kateni , Ketua panitia rekruitmen perangkat Desa Jimbe ketika di konfirmasi di kantornya, Kamis  (22/12/2022) menjelaskan karena pertanyaan atau gugatan dilasanakan secara tertulis maka secepatnya akan mengumpulkan panitia desa bersama panwascam. Bagimana mensikapi mosi tidak percaya ini, Kateni akan melakukan  konsultasi dengan teman -teman  dan semua perangkat desa .

“Panitia hanya membacakan hasil ujian.  Tahapannya dari awal sampai akhir dilaksanakan oleh tim independent dari INSURI  dari ujian umum sampai ujian khusus. Begitu saja karena saya menyampaikan kepada media. Karena ada  yang bertanggung jawab  yaitu kepada desa, “terang Kateni, Kamis (22/12/2022). (wid)

Berita ini 157 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai