Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 9 Juni 2020 - 08:13 WIB

DPRD Ponorogo Sidak Kesiapan Ponpes Ngabar Sambut New Normal

Wakil Ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno meminta pemerintah daerah ikut memantau kebutuhan ponpes menyambut new normal

Dutanusantarafm.com-DPRD Ponorogo menaruh perhatian khusus terhadap pondok pesantren dalam menyongsong dimulainya tahun ajaran baru sekaligus menyongsong penerapan fase new normal. Kesiapan khusus oleh Pondok pesantren menyambut new normal adalah hal penting untuk mengantisipasi penyebaran covid 19, jangan sampai klaster pondok seperti temboro kembali terulang .

Wakil Ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno memimpin sidak di Pondok pesantren Wali Songo Ngabar pada Selasa 9 Juni 2020 pagi. Sidak dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan Pondok menyambut new normal dan dimulainya ajaran baru. Dwi mengatakan DPRD mengapresiasi uji coba new normal yang telah dicanangkan Bupati Ipong pada 2 Juni 2020 karena berdampak possitif sebagai upaya mencegah penyebaran covid 19. Menurutnya Pondok pesantren juga harus segera menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan yang sudah diambil oleh daerah. Khususnya menyangkut penerapan protokol kesehatan.

Rombongan DPRD yang didampingi pimpinan pondok, petugas puskesmas sengaja mengecek beberapa tempat dilaksanakan kegiatan para santri. Seperti tempat belajar santri, MCK, kamar tidur dan lainnya. ” DPRD mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh pengasuh ponpes Ngabar menyambut tahun ajaran baru dan memasuki fase new normal.” ungkapnya.

Langkah mulai tahapan penerimaan santri baru termasuk mempersiapkan protokol kesehatan dan sarana prasarananya. Namun ada beberapa catatan untuk mendukung penerapan protokol kesehatan yang menurutnya perlu mendapat perhatian juga oleh pemerintah daerah. ” Pemerintah daerah sebaiknya ikut membantu kelengkapan APD, termasuk penambahan tempat MCK bila ada yang kurang”. harapnya.

Sementara itu Pimpinan Pondok Ngabar Moh Ihsan mengatakan fase new normal sudah mulai diuji cobakan pada 300 santri yang ada di Pondok sejak hari SAbtu lalu. Pondok telah mengatur tempat duduk berjarak di kelas , tempat tidur berjarak, waktu makan , termasuk pengatuan pada kehidupan sehari-hari dimulai sholat subuh, berolah raga, mandi, makan pagi kegiatan belajar, sampati istirahat malam. Sedangkan kedatangan santri akan diatur bergelombang, harus membawa surat keterangan sehat, sudah menjalani karantina dirumah dibuktikan dengan surat pernyataan materai dari orang tuanya. Untuk santri yang baru datang nantinya akan diisolasi di pondok 14 hari sampai 1 bulan. (san)

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai