Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 26 Juni 2020 - 14:11 WIB

Disperta Kendalikan 20 Hektar Lahan Pertanian Dari Serangan Tikus

DUTANUSANTARAFM.COM:  Ancaman  serangan hama ditikus pada tanaman padi di desa Polorejo kecamatan Babadan  dilaporkan setemat  ke Dinas Pertanian , ketahanan pangan dan perikanan kabupaten Ponorogo. Para petani meminta bantuan untuk pengendalian hama tikus yang saat ini telah menyerang lahan didesa tersebut seluas 17 hektar.

Petani di desa Polorejo Kecmaatan bababdan bersama petugas pertanian melakukan gerakan pengendalian hama tikus dengan sistim umpan dengan memasukkan pestisida ke liang liang aktif tikus, Kamis (26/06/2020)

Meski  tingkat serangan masih di bawah ambang ekonomi namun Dinas Pertanian   membantu para petani untuk melakukan pengendaliann dengan sitem . Upaya, berupa sensus liang liang aktif  tikus dan juga pengendalian berupa pemasangan umpan menggunakan pestisida  dilakukan oleh petugas bekerjasama dengan petani dalam bentuk gerakan terus dilakukan.

Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Kabupten Ponorogo Warni  mengakui pihaknya khawatir akan banyaknya serangan hama tikus di beberapa kabupaten tetangga seperti Magetan, Pacitan , Madiun dan juga Ngawi . Hal itu membuatnya waspada dan  segera menindaklanjuti laporan dari petani soal adanya  serangan hama tikus.

“Sehingga  meski  tingkat serangan masih rendah sudah segera kita kendalikan. Karena serangan hama tikus ini berbeda dengan hama hama lainnya.  Jika hama lainnya setelah terserang dan berhasil di kendalikan kondisi tanaman bisa pulih lagi, namun jika terserang hama tikus, akan ludes,”jelas Warni , koordinator POPT kabupaten Ponorogo.

Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Rawan Pilkada 2024 di Jatim Dinamis, 6 Daerah Jadi Perhatian

Dinamika Aktual

Polda Jatim Baksos dan Bansos Hari Bhayangkara 2024 di Ngumpul Balong Ponorogo

Dinamika Aktual

Kandang Terbakar Habis, Belasan Ternak Nyaris Jadi Korban

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia