Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:45 WIB

Diknas Ponorogo Akan Check Dan Klarifikasi Terbitnya 150 Suketdom

Foto ilustraai


Dutanusantarafm.com-Dinas Pendidikan Ponorogo tidak mau kecolongan dengan terbitnya surat keterangan domisili (suketdom) yang dipakai orang tua/wali untuk melengkapi persyaratan administrasi pada PPDB SLTP N 2020. Untuk memastikan asli atau tidak, sudah memenuhi syarat atau belum petugas Dinas pendidikan akan melakukan cek ulang data dengan menggandeng Dinas Dukcapil Ponorogo.


Pada PPDB SLTP Negeri 2020 panitia pendaftaran On line Dinas Pendidikan Ponorogo menemukan ada 150an suketdom yang disertakan oleh pendaftar. Panitia PPDB SLTP Diknas Ponorogo Dhevit mengatakan satgas Diknas bersama Dukcapil akan mengecek ulang data 150 suketdom itu. Apakah suketdom yang dipakai untuk mendaftar tersebut sudah memenuhi syarat atau belum , apakah betul-betul diterbitkan pejabat terkait atau tidak. “ Bersama Dinas Dukcapil dinas Pendidikan akan mengecek kebenaran data dan kelengkapan persyaratan suketdom” jelasnya.


Panitia PPDB tidak ingin muncul kasus suketdom aspal. Misalnya anak sekolah di luar kota kemudian dititipkan di rumah nenek yang ada dikota, sedangkan realitanya tidak memungkinkan itu dilakukan. Atau kasus mendekatkan jarak rumah dan sekolahan yang dituju dengan menggunakan suketdom dengan alasan mengada-ada. Karena itu data yang ada disuketdom tersebut ini perlu diklarifikasi, apakah datanya betul atau tidak, termasuk data itu logis/ masuk akal atau tidak. “ Petugas akan memanggil dan mengklarifikasi orang tua calon peserta didik yang mengguanakan suketdom itu” terangnya.

Jika ternyata suketdom itu tidak benar atau menyalahi aturan maka petugas akan mengarahkannya agar tidak menggunakannya., namun tetap bisa melanjutkan ikut PPDB. Dhevit menambahkan pihak terkait yang mengeluarkan suketdom mulai dari RT/RW sampai lurah harus bertanggung jawab terhadap kebenaran data didalamnya. Dengan adanya pakta integritas disertai tanda tangan diatas materai maka apabila ada permasalahan dikemudian hari sebagai konsekuensinya, harus berani menanggung akibatnya jika mucul persoalan hukum. (san)

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai