Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 24 November 2022 - 19:53 WIB

DAU Dipangkas, Puluhan OPD Wajib Kencangkan Ikat Pinggang

PUTAR OTAK: Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko usai rapat Paripurna DPRD dalam pengesahan APBD 2023, Senin (21/11/2022).

PUTAR OTAK: Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko usai rapat Paripurna DPRD dalam pengesahan APBD 2023, Senin (21/11/2022).

Dutanusantarafm.com – Munculnya SILPA sebesar Rp 259 miliar pada tahun anggaran (TA) 2022, yang terjadi karena serapan anggaran di organisasi perangkat daerah (OPD) minim akhirnya berbuntut panjang. Pemerintah pusat memangkas Dana Alokasi Umum (DAU), yang semula sebesar Rp 136 miliar menjadi Rp 106 miliar di tahun 2023.

Menyikapi hal itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko langsung bereaksi dengan memotong dana operasional setiap OPD. Saat ini setidaknya ada sekitar 33 lembaga yang terdampak. Yakni terdiri dari dinas, badan dan berbagai kantor. Tidak tanggung-tanggung, pemangkasan mencapai 40 persen dari total anggaran.

‘’APBD kita tahun 2023 memang turun sedikit, semoga ini menjadi APBD yang barokah. Karenaa walaupun turun, ini tetap untuk kesejahteraan rakyat dan pro rakyat,’’ katanya pada Kamis (24/11/2022).

Kang Giri meminta agar seluruh OPD lebih hemat, bahkan wajib mengencangkan ikat pinggang. Supaya dengan keterbatasan APBD pemerintah mampu melaksanakan belanja daerah sesuai visi dan misi. Selain itu, meski ada pengurangan Kang Giri mewanti-wanti agar kondisi itu tidak sampai mengganggu rencana kerja baik jangka menengah maupun jangka panjang nantinya.

Saat ini, lanjut Kang Giri sesuai saran dan masukan dari legislatif pihaknya akan mempertimbangkan belasan rekomendasi yang bisa dimanfaatkan untuk menutup defisit. Mengingat, untuk APBD 2023 nanti Pemkab Ponorogo mengalami defisi hingga Rp 299 miliar.

Beberapa rekomendasi yang dimaksud diantaranya penerapan layanan jasa parkir, retribusi tempat wisata hingga peningkatan pajak tambang di bumi Ponorogo.

Terkait keberlangsung pembangunan infrastruktur, Kang Giri memastikan jika pemerintah tetap akan melaksanakan program tersebut di semua sektor. Mulai dari kesehatan, pendidikan, pertanian, pemerintahan di skala desa, hingga perbaikan jalan.

‘’Insfrastruktur itu tidak hanya jalan, tetapi juga bidang yang lain. Ada pertanian, kesehatan, pendidikan dan lainnya,’’ tegasnya. (Umi Duta)

 

Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai