Home / Kabar Kota Kita / Sekitar Kita

Selasa, 27 Oktober 2020 - 05:08 WIB

Covid-19 Tak Surutkan Kelompok Pencinta Lingkungan Beraksi

 Pandemi covid-19 tak mnnghalangi aktivis lingkungan untuk terus beraksi di musim hujan ini

Pandemi covid-19 tak mnnghalangi aktivis lingkungan untuk terus beraksi di musim hujan ini

DUTANUSANTARAFM.COM: Perempaun perempuan pecinta lingkungan yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Harapan Desa Lembah Kecamatan Babadan kabupaten Ponorogo tetap aktif mempersiapkan pembibitan jelang musim hujan untuk kepentingan penghijauan. Persiapan pembuatan bibit untuk kegiatan konservasi alam ini dilakukan sejak tahun 2016 lalu.  Sebelumnya kelompok pecinta dan penggiat lingkungan ini untuk kegiatan menanam mereka mengandalkan pengajuan proposal.  Namun sejak tahun 2016  lalu  mulai mempersiapakn pembibitan secara mandiri. Bahkan ditengah pandemi covid-19 sekarang ini semangat mereka tidak berkurang sedikitpun.

Santi salah seorang aktifis lingkungan hidup sekaligus anggota KWT Harapan mengungkapkan dirinya bersama  beberapa orang yang konsen  siap beraksi untuk menanam di musim penghujan ini. Gerakan terhadap kelestraian alam dan  pengurangan sampah plastik  sudah aktif berkampaye sejak beberapa tahun terakhir dan terus dilakukan.  Semua dimulai dari masing –masing invidu  kemudian diharapkan  merembet keanggota keluarga, teman , lingkungan  dan lainnya .

“’Untuk mengajak itu tidak mudah , kita harus meneladani terlebih dahulu. Dan tantangannya lumayan berat . Selain kita harus swadya mulai dari membuat persemaian  bibit , menanam sendiri bahkan merawat sendiri tak jarang tanaman kita di rusak orang- orang yang tidak bertanggungjawab, “terang Santi Yusni Anggraini kepada dutanusantarafm.com (27/10/2020).

Hal senada juga diungkapkan Harmini , pengurus KWT .Harapan. Harmini menjelaskan pada tahun 2020 ini sejak bulan Agustus  kelompok secara gotong royong sudah mulai membuat persemaian bibit- bibit tanaman untuk konservasi. Diantaranya Tabebuya, Ketapang kencana, Glodok Pecut, Flamboyan, Sengon, Sawo Kecik, Nangka dan  Cempedak .

“Bibit- bibit tersebut dipersiapkan  untuk penghijauan dimusim hujan ini, sehingga pada bulan November –Desember sudah siap tanam. Meski pandemi covid-19 kegiatan tetap berjalan seperti bisannya terpenting pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan setiap habis kegiatan,”terang Harmini. (wid)

Berita ini 0 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Rawan Pilkada 2024 di Jatim Dinamis, 6 Daerah Jadi Perhatian

Dinamika Aktual

Polda Jatim Baksos dan Bansos Hari Bhayangkara 2024 di Ngumpul Balong Ponorogo

Dinamika Aktual

Kandang Terbakar Habis, Belasan Ternak Nyaris Jadi Korban

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia