Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 19 Maret 2020 - 10:37 WIB

Corona, Pembesuk Warga Binaan Di Rutan Ponorogo Turun Drastis

Suasana Rutan Ponorogo tidak seperti biasanya


DUTANUSANTARA:FM-Kasus penyebaran virus corona di beberapa daerah di Indonesia ikut berdampak terhadap menurunnya jumlah pembesuk warga bidaan yang ada di rutan kelas dua B Ponorogo. Rutan Ponorogo belakangan ini tidak lagi ramai dengan keluarga pembesuk yang ingin bertemu dengan warga binaan, pada jam-jam yang ditentukan. Kalau biasanya dalam sehari ada sekitar seratus orang pembesuk atau pengunjung, setelah kasus corona ini jumlah pembesuk setiap hari tidak sampai empat puluh orang.


Kepala Rutan Kelas 2B Ponorogo Arya galung mengatakan selain berkurangnya jumlah pembesuk, waktu berkunjungpun juga tidak selama biasanya. “ paling lama mereka sekitar sepuluh menit saja bertemu dengan warga binaan dan setelah itu Pulang,” ungkap Arya. Padahal biasanya mereka menghabiskan waktu berkunjung untuk bertemu atau ngobrol di dalam rutan. Arya menjelaskan pembesuk warga binaan banyak yang berasal dari kabupaten Ponorogo saja, sedangkan untuk luar kabupaten Ponorogo sudah jarang yang datang. Hal itu bisa jadi karena mereka lebih memilih berada di rumah daripada pergi keluar kota untuk mencegah resiko penularan virus corona.


Warga masyarakat saat ini sudah banyak yang paham bagaimana caranya mencegah penyebaran virus corona, selain mengurangi bepergian, dengan menerapkan pola hidup sehat. Karena itu warga binaan yang ada di dalam rutanpun bisa memahami jika mereka tidak lagi sering di kunjungi keluarganya. Namun begitu tidak sedikit keluarga mereka yang datang dengan mengirim barang ke rutan Ponorogo. ” jika tidak ketemu pengiriman barang masih sering dilakukan oleh keluarganya,” terang Arya kembali.

Sementara itu Rutan Ponorogo saat ini juga membatasi jumlah pembesuk warga binaan, hanya keluarga inti saja yang diperbolehkan bertemu.Untuk bertemu mereka harus mencuci tangan dengan sabun dan air terlebih dahulu yang telah disediakan di dalam rutan. (san)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

DPRD Ponorogo Terbaik Dua JDIH Tingkat Provinsi Jatim

Dinamika Aktual

Tumbur Mobil Parkir di Siman, Pengendara Motor Roda Dua Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Sawoo Reborn, Korban Pungli Tolak Upaya Pengembalian Kerugian