Dinamika AktualKabar Kota Kita

Cara Terbaik Antisipasi Kelangkaan Pupuk Tumbuhkan Peternakan

Dutanusantarafm.com:  Kelangkaan pupuk dan kesulitan mendapatkan pupuk kimia bersubsidi saat ini tengan menjadi  masalah yang di hadapi oleh para petani  hampir disemua wilayah  Ponorogo. Permasalah kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi ini bukanlah yang pertama kalinya namuns sering dialami  oleh para petani. Untuk mengantisapsi terkait masalah tersebut dimasa yang akan datang salah satunnya adalah kembali menumbuhkan dan menggerakkan para petani untuk beternak secara teritegrasi dengan sector pertanian.  Karean potensi pakan yang melimpah akan memudahkan para peternak dalam memelihara. Hal yang perlu dilakukan adalah sosialisasi dan edukasi terkait  pengolahan pakan modern dan terintegrasi dengan pertanian.

Kasi Pelayanan  UPT Peternakan  Magetan Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur  Sukamto saat  menjadi  pemateri dalam pelatihan  pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian terintegrasi bersama Komunitas Keluarga Migran  Buruh (KKBM) Desa Lembah Kecmatan Babadan Ponorogo ,Kamis (17/09/2020) menjelaskan kedepan  secara bertahap pupuk bersubsidi akan di cabut oleh pemerintah.  Sehingga cara satu satunnya untuk memenuhi kebutuhan pupuk adalah menghidupkan, mengairahkan dan menumbuhkan sector peternakan yang teritegrasi  dengan pertanian.

 “Dalam pertanian terintegrasi ini ada perputaran atau siklus dimana petani menanam padi, saat sudah panen jerami akan menjadi sumber pakan bagi ternak mereka.Selanjutnya  kotoran ternak mereka akan kembali kesawah sebagai pupuk organic  bagi petani,” jelas Ir.Sukamto, kepada dutanusantarafm.com, Kamis (18/09/2020). (Wid). 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close