Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Jumat, 18 September 2020 - 12:35 WIB

Cara Terbaik Antisipasi Kelangkaan Pupuk Tumbuhkan Peternakan

Ir.Sukamto saat memberikan materi pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian teritegrasi kepada KomunItas keluarga buruh Migran , Lembah Ponorogo.

Ir.Sukamto saat memberikan materi pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian teritegrasi kepada KomunItas keluarga buruh Migran , Lembah Ponorogo.

Dutanusantarafm.com:  Kelangkaan pupuk dan kesulitan mendapatkan pupuk kimia bersubsidi saat ini tengan menjadi  masalah yang di hadapi oleh para petani  hampir disemua wilayah  Ponorogo. Permasalah kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi ini bukanlah yang pertama kalinya namuns sering dialami  oleh para petani. Untuk mengantisapsi terkait masalah tersebut dimasa yang akan datang salah satunnya adalah kembali menumbuhkan dan menggerakkan para petani untuk beternak secara teritegrasi dengan sector pertanian.  Karean potensi pakan yang melimpah akan memudahkan para peternak dalam memelihara. Hal yang perlu dilakukan adalah sosialisasi dan edukasi terkait  pengolahan pakan modern dan terintegrasi dengan pertanian.

Kasi Pelayanan  UPT Peternakan  Magetan Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur  Sukamto saat  menjadi  pemateri dalam pelatihan  pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian terintegrasi bersama Komunitas Keluarga Migran  Buruh (KKBM) Desa Lembah Kecmatan Babadan Ponorogo ,Kamis (17/09/2020) menjelaskan kedepan  secara bertahap pupuk bersubsidi akan di cabut oleh pemerintah.  Sehingga cara satu satunnya untuk memenuhi kebutuhan pupuk adalah menghidupkan, mengairahkan dan menumbuhkan sector peternakan yang teritegrasi  dengan pertanian.

 “Dalam pertanian terintegrasi ini ada perputaran atau siklus dimana petani menanam padi, saat sudah panen jerami akan menjadi sumber pakan bagi ternak mereka.Selanjutnya  kotoran ternak mereka akan kembali kesawah sebagai pupuk organic  bagi petani,” jelas Ir.Sukamto, kepada dutanusantarafm.com, Kamis (18/09/2020). (Wid). 

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

DPRD Ponorogo Terbaik Dua JDIH Tingkat Provinsi Jatim

Dinamika Aktual

Tumbur Mobil Parkir di Siman, Pengendara Motor Roda Dua Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Sawoo Reborn, Korban Pungli Tolak Upaya Pengembalian Kerugian