Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 15 April 2024 - 14:42 WIB

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

 Pasi teritorial  Kodim 0802 Ponorogo Kapten Arm.Sutami Pena

Pasi teritorial Kodim 0802 Ponorogo Kapten Arm.Sutami Pena

DUTANUSANTARAFM.COM :  Soal kelangkaan alat mesin pertanian yang  saat ini dikeluhkan oleh para petani di Ponorogo terutama mesin  Cobine  Harverster   membuat  Pasi Teritorial Kodim 0802 Ponorogo, Kapten Arm. Sutami Pena   buka suara .  Pihak  Kodim 0802 Ponorogo baru mendengarkan informasi tersebut dari media bahwa kelangkaan mesin panen padi menyebabkan  petani kesulitan melakukan panen. Petani Ponorogo sudah ketergantungan dengan mesin  sehingga cara panen padi secara konvensional  sudah tidak ada lagi . Sehingga ketika terjadi kelangkaan mesin panen bersama operatornya para petani ini kebingunan .  Sehingga berapapun harga sewa yang ditawarkan operator mesin mereka terima  dari harga normal  Rp350 ribu per kotak menjadi Rp. 700 ribu per kotak . Bahkan tarif sewanya bisa sampai Rp. 1 juta per kotak jika kondisi padi ambruk.

Kapten Arm. Sutami  Pena Pasi Teritorial Kodim 0802 Ponorogo ketika dikonfirmasi  soal kelangkaan alsintan jenis combine harvester menyampaikan Kodim 0802 Ponorogo  punya Tim Brigade Alsintan . Brigade alsintan ini jika dibutuhkan petani akan di bantukan . Namun, untuk  jenis combine  harverster kebetulan belum punya .

“Begitu mendengar informasi ini , kita langsung koordinasi dengan Dinas Pertanian . Data Dinas Pertanian melalui kelompok tani sudah memberikan bantuan mesin  combine harverster ini  sebanyak 40 unit kepada 40 kelompok tani .  Kalau melihat  data ini , maka seharusnya  cukup mengatasi musim panen padi di Ponorogo. Tapi , kita akan cek lebih lanjut dilapangan melalui para Babinsa . Semoga kelangkaan ini terjadi karena effek cuti lebaran saja , besok sudah normal kembali  , “terang Kapten Arm. Sutami Pena, Selasa (15/04/2024).(wid)

Berita ini 20 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar