Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Senin, 16 Januari 2023 - 17:17 WIB

Berbodong- bondong , Puluhan Korban Sawoo Berikan Keterangan Pada Kejaksaan

Puluham saksi korban dugaan pungli nyegelne tanah desa Sawoo berikan keterangan kepada Kejari Ponorogo, Senin (16/01/2023)

Puluham saksi korban dugaan pungli nyegelne tanah desa Sawoo berikan keterangan kepada Kejari Ponorogo, Senin (16/01/2023)

DUTANUSANTARAFM.COM ; Ada  25 orang  korban “nyegelne tanah “ dari 5  Dusun di Desa Sawoo Kecamatan Sawoo memberikan keterangan kepada Kejaksaan Negeri Ponorogo bertempat di posko pengaduan Dusun Sawoo Desa Sawoo, Senin ( 16/01/2023) . Berangkat dengan niat agar terjadi perubahan perilaku perangkat Desa Sawoo kedepan, para korban dari Dusun Sawoo, Dusun Kocor, Dusun Ngemplak dan Dusun Kacangan ini memberikan keterangan dan juga  sejumlah barang bukti kepada tim dari Kejaksaan Negeri Ponorogo. Berdasarkan keterangan  dari para korban ternyata jumlah pungutan liar (pungli) itu berbeda beda. Baik untuk amplop saksi maupun uang untuk kas desa . Ada yang amplopan untuk saksi  besarannya mencapai angka Rp. 2 juta dengan uang kas desa Rp. 5 juta namun juga ada yang uang kas desanya Rp. 3 juta.  Bahkan , karena keberatan dengan jumlah yang di minta perangkat desa ada yang sampai  nyang-.nyangan alias tawar menawar.

Karsono , mantan BPD yang rumahnya dijadikan sebagai posko pengaduan korban ”Nyegel Tanah “Desa Sawoo  Kecamatan Sawoo   menyampaikan kerugian yang di alami  warga luar biasa besar. Saat menyimak para korban memberikan keterangan  kepada Kejaksaan Negeri Ponorogo ,  misalnya  Tukimun warga Dusun Kacangan  mengaku biaya yang dikeluarkan untuk nyegelne tanah habis Rp 13 juta . Sendangkan Supiatin warga Dusun Kleco habis biaya 8 juta.

“Tadi ada  korban yang menyampaikan keterangan ke Kejaksaan. di plot untuk uang saksi masing masing sebesar  Rp2,5 juta  namun karena keberatan hanya dikasih Rp. 2 juta saja, “terang Karsono.

Berdasarkan pantauan dutanusantarafm.com , jumlah  korban yang memberikan keterangan kepada Kejaksaan Negeri Ponorogo pada Senin, (16/01/2023) sebanyak 25 orang. Jika ditambah dengan permintaan keterangan sebelumnya total korban sedang mencapai 31 orang. Jumlah tersebut terus bertambah seiring dengan tumbuhnya rasa  keberanian warga  demi  terwujudnya  birokrasi di pemerintahan Desa Sawoo kedepan yang lebih baik. (wid)

Berita ini 77 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen