Home / Kabar Kota Kita

Jumat, 15 Januari 2021 - 14:17 WIB

Berani Menaman Tanaman Off Season, Petani Cabe Raup Untung

DUTANUSANTARAFM.COM: Keberanian petani disejumlah wilayah di Ponorogo untuk menanam tanaman off Season atau tanaman diluar musim membuat petani merasakan utung besar saat ini. Para petani diwilayah Kecamatan Jenangan, Ponorogo merupakan wilayah yang paling bayak menanam cabe . Awal musim hujan September 2020 kemarin para petani berani menanam cabe yang merupakan tanaman di luar musim atau off season. Keberanian ditengah pandemi covid-19 dilakuakn dalang rangka mencari terobosan baru untuk mendapatkan nilai lebih dari hasil panen mereka. Hasilnya, tanamn cabenya sekarang memasuki masa panen dengan harga yang lumayan bagus yaitu Rp. 60.000 per kg di tingkat petani. Sehingga mereka mendapatkan sisa lebih dari hasil tanam cabennya tersebut atau dibilang menikmati untung yang cukup lumayan.
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Ketahanan pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo Medy Susanto kepada Dutansuantarafm.com , Jumat (15/01/2021) menjelaskan bahwa kenaikan harga cabe yang lumayan tinggi ini bukan karena dampak dari pandemic covid-19. Tapi karena tidak banyak petani yang menanam cabe di mausim penghujan ini. Akibatnya kebutuhan banyak stocknya sedikit jadi hargannya tinggi. Jika petani yang punya keberanian dan pinter membaca kalender sehingga mau menanam tanaman off season atau diluar musim ini pasti akna meikmati harga tinggi.
“Jadi ini bukan karena pandemic covid-19. Setiap tahun kalender tamanya begitu, jika petani mau membaca kalender tanam dan memahami pola tanam off season ini maka di pastikan akan menikmati harga jual yang tinggi, “jelasnya. (wid)

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024